Cara Mudah Transaksi Mata Uang Asing Menggunakan EDC DCC BCA

Cara Transaksi (Jual Beli) Menggunakan Mata Uang Asing Dengan EDC DCC BCA - Bagi anda yang memiliki perusahaan perhotelan, Restoran besar, ataupun tempat pariwisata tentunya sering menerima pembayaran Credit Card dari warga negara asing berlogo VISA ataupun MasterCard, kita tahu bahwa uang yang ada didalamnya juga mata uang asing.

Maka cara yang paling mudah dan aman adalah menggunakan mesin EDC, lalu apakah EDC bank di Indonesia sudah mendukung Dynamic Currrency Conversion (DCC)? ternyata tidak semua mesin EDC di Indonesia ada fitur DCC, hanya EDC dari bank BCA yang mendukung fitur DCC sjak tahun 2014.

Saat ini EDC BCA juga sudah dapat menerima kartu-kartu berlogo UnionPay, yang melengkapi berbagai macam kartu lainnya yang dapat diproses oleh mesin EDC BCA." Dynamic Currrency Conversion  (DCC) merupakan layanan yang ditujukan untuk wisatawan pemegang Visa atau MasterCard Internasional untuk dapat memilih pemrosesan transaksi dalam mata uang mereka sendiri. 

DCC BCA dapat melayani 20 mata uang utama dunia, yaitu :
  1. Dolar Amerika Serikat, 
  2. Dolar Australia, 
  3. Euro, 
  4. Dolar Singapura, 
  5. Yen, 
  6. Ringgit, 
  7. Won, 
  8. Poundsterling, 
  9. Dolar Hongkong, 
  10. Ruble, 
  11. Franc, 
  12. Dolar New Zealand, 
  13. Baht, 
  14. Dolar Kanada, 
  15. Riyal Arab Saudi, 
  16. Dolar Taiwan, 
  17. Dirham, 
  18. Rupee, 
  19. Krone Norwegia, 
  20. Real Brasil.

Keuntungan EDC DCC BCA Bagi Penjual (Pemilik Usaha)

Meningkatkan pendapatan, karena:
  • Dapat menarik pelanggan baru mancanegara
  • Meningkatkan jumlah pelanggan loyal (repeated sales).
Layanan pelanggan jadi lebih baik, karena:
  • Tanda terima DCC memfasilitasi catatan keungan yang lebih pasti
  • Konfirmasikan harga di EDC dan mengurangi tolak bayar
  • Layanan pelanggan yang lebih personal

Cara Pembayaran di DCC BCA

Dip/swipe kartu Visa / MasterCard ke mesin EDC BCA. EDC otomatis akan mengenali pemegang kartu internasional yang memenuhi kriteria DCC.


Masukkan nominal transaksi dalam Rupiah. EDC akan mencetak lembar “FX Quote”. Berikan ke pelanggan (pemegang kartu) untuk memilih mata uang yang diinginkan.


Transaksi DCC terjadi ketika pemegang kartu memilih nominal dalam mata uang Negara asalnya.


Pelanggan akan diberi pilihan untuk input tip (kasih tip ke karyawan / pemilik toko). Jika tidak mau, lanjutkan dengan menekan tombol enter.


EDC akan menginformasikan ulang nominal yang harus di bayar. Pelanggan bisa memilih untuk melanjutkan transaksi dengan input PIN atau tandatangan.

EDC akan mencetak 2 sales receipt: 1 untuk pemegang kartu dan 1 untuk merchant (dalam nominal mata uang pilihan).


Berikan kartu kredit dan minta pemegang kartu untuk menandatangani sales receipt (jika menggunakan PIN tidak perlu menandatangani lagi).
Baca Juga : Fungsi Mesin EDC BCA & Cara Mengajukan / Mendapatkan EDC BCA
Bagaimana sahabat, mudahkan cara menerima pembayaran meta uang asing menggunakan EDC DCC Bank BCA ini, Segera ajukan bagi yang belum memiliki. Komitmen BCA dalam meningkatkan pelayanan bagi merchant semakin terbukti dengan kehadiran DCC yang memberi kemudahan dan kejelasan bagi pengalaman berbelanja pemegang kartu VISA dan Mastercard Internasional, serta dibuktikan dengan diaktifkannya penerimaan transaksi dengan kartu Union Pay di EDC BCA.

Dengan demikian, layanan DCC dan penerimaan kartu UnionPay melengkapi keragaman fitur EDC BCA lainnya, seperti penerimaan kartu BCA Card, Debit BCA, Flazz, VISA, Mastercard,JCB, dan Prima Debit; yang mendukung slogan bank BCA “Cukup Satu Mesin EDC BCA untuk Kelancaran Usaha Anda”."

Sumber : bca.co.id/id/edukatips/edc-dcc
Advertisement
Cara Mudah Transaksi Mata Uang Asing Menggunakan EDC DCC BCA


Buka Komentar