Cara Kerja BCA Flazz, Kartu Debit ATM, Kartu Kredit Bank BCA

Bagaimana Cara kerja Kartu Debit, Kartu Kredit & Uang Elektronik BCA Flazz ? - Saat ini pembayaran secara kontan ketika melakukan transaksi jual beli sudah tidak relevan lagi bahkan berisiko ketika uang di bawa bawa, Bank sebagai jasa keuangan telah mempermudah dan aman ketikma melakukan transaksi. Cukup membawa kartu seukuran saku dompet kita sudah bisa belanja kapanpun dan dimanapun berada.

Bank BCA sebagai bank swasta terbesar di Indonesia memberikan kemudahan bagi nasabahnya ketika pertama kali menabung yaitu berupa kartu Debit BCA (Passport BCA), begitu juga ketika belanja atau melakukan pembayaran online kita disediakan BCA Flazz sebagai uang elektronik. Dan bagi anda yang memiliki keuangan lebih dapat berhutang dulu menggunakan kartu Kredit BCA.


Beberapa jenis kartu seperti kartu prabayar atau uang elektronik (Flazz), kartu debit, dan kartu kredit dapat mempermudah transaksi anda. Tapi apakah anda tahu bagaimana cara kerja kartu-kartu tersebut? Simak informasi berikut!

Fitur Nirsentuh (Contacless)

RFID (Radio Frequency Identification) adalah teknologi contactless yang digunakan untuk membaca data sensitif yang ada pada kartu/passport/tanda pengenal. RFID ini cukup canggih sehingga hanya dengan mendekatkan kartu pada jarak sekitar 3 cm saja kepada scanner ataureader RFID, data sudah dapat terbaca.

Uang elektronik berteknologi RFID, memiliki keunggulan dalam hal kecepatan melakukan transaksi. Teknologi ini cocok untuk diterapkan pada transaksi rutin dan bernominal kecil, sehingga dapat menghindari antrian, seperti pembayaran di gerbang tol, Commuter Line, Bus Transjakarta, dan lain-lain.

Di setiap negara, uang elektronik dibatasi nominal transaksi dan nominal saldonya untuk mengurangi kerugian akibat kehilangan. Misalnya di Indonesia, BI sekarang mengatur saldo maksimal Rp. 2 juta untuk uang elektronik unregistered.

Tips Praktis Menjaga Kartu Contactless

Kartu prabayar di Indonesia saat ini seluruhnya menggunakan teknologi contactless. Untuk kartu Flazz, BCA dapat mengidentifikasi setiap transaksi yang terjadi pada kartu Flazz kamu.
Ini adalah beberapa tips praktis untuk menjaga dan menanggulangi kartu Flazz kamu dari tindakan pencurian saldo atau data kartu.

Simpanlah kartu Flazz di tempat yang terpantau atau dalam area pengawasan anda, jauhkan dari benda mencurigakan yang mendekati;
Jika anda merasa ada transaksi yang mencurigakan pada Flazz anda, segera laporkan ke Halo BCA 1500888 dengan menyebutkan nomor dibalik kartu. Bank BCA akan melakukan investigasi atas transaksi tersebut.

Bagaimana Dengan Kartu Debit (ATM) & Kartu Kredit?

Di beberapa negara, teknologi contactless sudah diterapkan juga pada kartu debit dan kartu kredit, dengan limit transaksi yang dibatasi. Di Indonesia, Bank Indonesia melalui AKKI (Asosiasi Kartu Kredit Indonesia) telah mengatur transaksi contactless pada kartu kredit dengan nilai transaksi dibawah Rp1 juta tidak memerlukan verifikasi PIN.

Baca Juga : Data Perbankan Yang Wajib Di Jaga Kerahasiannya

Berbeda dengan kartu prabayar, di BCA, kartu debit (Paspor BCA) dan kartu kredit BCA tidak menggunakan teknologi contactless, melainkan teknologi Chip, dimana untuk bertransaksi kartu debit atau kartu kredit tersebut harus di-dip atau dimasukkan terlebih dulu ke dalam mesin EDC.

Nah, sekarang anda sudah mengerti cara kerja BCA Flazz, Kartu Debit (ATM), Kartu Kredit kan? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Kamu ya. Selamat menggunakan dan tetap menjaga keamanannya..
Advertisement
Cara Kerja BCA Flazz, Kartu Debit ATM, Kartu Kredit Bank BCA


Buka Komentar