Nih..!! Perbandingan Jenis Tabungan Rencana iB Multiguna Syariah, Mana Yang Terbaik?

Ulasan dan Perbandingan Produk Tabungan Terencana iB Multiguna Syariah; Bank Syariah Mandiri, Bank BRISyariah, Bank BNI Syariah, Bank Mega Syariah, Bank Permata Syariah, Bank Syariah Bukopin, Bank BCA Syariah - Apa Itu Tabungan Rencana Multiguna iB? yaitu Jenis tabungan sistem mudharabah (bagi hasil) berjangka 1 tahun - 18 tahun dengan potensi bagi hasil yang kompetitif guna memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang, sekaligus memberikan manfaat proteksi asuransi jiwa gratis. Jenis tabungan Rencana ini tidak boleh diambil sewaktu waktu, mirip denga deposito tapi lebih fleksibel.


Jenis Tabungan Rencana Multiguna cocok banget untuk anda yang memiliki dana (keuangan) jumlah besar maupun kecil namun tetap habis karena tidak terkontrol dan terencana "perasaan punya uang banyak kok habis terus", nah solusinya anda harus memiliki rencana masa depan, tanyakan pada anda pingin apa dalam waktu 1 tahun atau 10 tahun bahkan 15 tahun kedepan? yang pastinya uang anda aman.

Dari tadi saya ubek ubek beberapa situs bank Syariah untuk mencari jenis produk tabungan Rencana yang "memihak kepada nasabah", kenapa saya bilang memihak? karena naluri seorang nasabah itu pasti tidak ingin mendapatkan tekanan berupa kewajiban untuk menabung terjadwal setiap bulan dan jumlah setoran sudah di tetapkan.

Jika menabung terjadwal dan jumlah ditetapkan seperti ini sepertinya tidak cocok dengan para wiraswasta bidang jasa dan perdagangan. Memang sih keunggulan dari Tabungan Rencana bunga atau sistem mudharabah lebih besar dibanding tabungan biasa, namun ya itu tadi inginya nasabah itu bebas tanpa ada tekanan untuk menabung dengan jumlah ditetapkan.

Perbandingan Jenis Tabungan Rencana Multiguna di bank Syariah (iB)


Kenapa saya merekomendasikan sistem Syariah? karena saya beragama islam ingin meminimalisir unsur riba, karena ini benar benar tabungan untuk masa depan, bukan sekedar menabung untuk lalulintas uang yang dimanfaatkan untuk setoran tunai, terima dana, tranfer ke bank lain, pembayaran tagihan bulanan dll. Saya sudah membaca di beberpa bank dengan produk yang sama yaitu jenis tabungan rencana multiguna iB dan hasilnya inilah...

1. Bank Syariah Mandiri, Tabungan Berencana BSM
  • Target dana minimal Rp1,2 juta dan maksimal Rp200 juta
  • Jumlah setoran bulanan dan periode tabungan tidak dapat diubah
  • Tidak dapat menerima setoran diluar setoran bulanan
2. Bank BRISyariah, Tabungan BRI Syariah Impian
  • Tidak dapat dilakukan perubahan jangka waktu, nilai setoran rutin bulanan, rek induk 
  • Dapat dilakukan setoran non-rutin ( tidak jelas, saya cheating dengan admin belum ada kejelasan)
3. Bank BNI Syariah, BNI Syariah Tabungan Rencana
  • Setoran bulanan tetap dan terjadwal sehingga membuat risih
4. Bank Mega Syariah, Tabungan Rencana iB (ada 2 pilihan)
  • Tabungan Rencana - Setoran Rutin : Jumlah dan tanggal setoran tetap setiap bulannya sesuai dengan pilihan nasabah.
  • Tabungan Rencana - Setoran Non Rutin : Jumlah dan tanggal setoran bebas sesuai dengan cashflow Nasabah, namun Nasabah memiliki target dana dan waktu pemenuhan target dananya.
5. Bank Permata Syariah, Permata Tabungan iB Masa Depan
  • FLEKSIBEL, bebas menentukan besarnya nilai setoran awal, setoran bulanan, jangka waktu menabung sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.
  • Setoran bulanan Minimal Rp 100.000, dan berlaku selanjutnya untuk kelipatan Rp 50.000
  • Tidak ada batasan maksimal
6. Bank Syariah Bukopin, Tabungan iB Multiguna
  • Setoran insidentil (boleh kapan saja) yang dapat dilakukan setiap saat sehingga akumulasi saldo lebih cepat meningkat
  • Minimal setoran bulanan Rp100 ribu
7. Bank BCA Syariah, Tahapan Rencana iB
  • Jumlah Setoran Bulanan minimal Rp250 ribu
  • Tanggal Setoran Bulanan Tanggal 1 s/d 5 setiap bulan
  • Tidak diperkenankan setoran insidentil ke rekening Tahapan Rencana iB
[ Baca Juga : Apa Yang Terjadi Jika Saldo di Titik Minimal & Tidak Lama Melakukan Transaksi (Dormant) ]
Demikianlah ulasan singkat dan perbandingan sekilas mengenai jenis produk tabungan Rencana Multiguna berprinsip Syariah (iB), bank yang sudh saya sebutkan diatas merupakan bank yang mudah di temukan kantor cabang dan ATM-nya, bukan berarti bank lain kurang bagus sehinga tidak tercantum, ini hanya sepengetahuan saya sebagai penulis.

Harapan saya dengan mengetauhi sekilas fitur yang dimiliki bank tersebut diatas anda dapat memilih bank mana yang cocok dan terbaik menurut anda. Anda dapat membaca ulasan lengkap dengan klik langsung pada nama bank yang saya sebutkan.
Advertisement
Nih..!! Perbandingan Jenis Tabungan Rencana iB Multiguna Syariah, Mana Yang Terbaik?

Buka Komentar