Pertanyaan Seputar Masalah Pada Aplikasi Mandiri (Mobile) Online

Pertanyaan Seputar Masalah Pada Aplikasi Mandiri (Mobile) Online - Bagi anda nasabah bank Mandiri mungkin masih ada keraguan ketika akan menggunakan aplikasi Mandiri online karena masih pemula, bahkan baru pertama kali menggunakan ponsel jenis android ataupun iOS atau ketika sedang menggunakan menemukan masalah sehingga enggan untuk melakukan transakasi kembali. Pada halaman ini mungkin anda akan menemukan jawaban atas permasalahan anda, Kasus Umum yang Sering Terjadi, sebagaimana kami kutip di situs resmi bank Mandiri, disana sudah tertulis secara langkap yang dapat juga anda baca di sini:

1. Bagaimana format “User ID” Mandiri Online yang harus dibuat oleh Nasabah?

  • User ID yang dibuat oleh Nasabah harus terdiri dari minimal 8 karakter dan harus memiliki kombinasi dari huruf dan angka (alphanumeric).
  • User ID merupakan case-sensitive, sehingga huruf besar (capital) dan huruf kecil (lower case) dianggap berbeda. Pada saat Nasabah memasukkan User ID untuk login, Nasabah harus memastikan bahwa setiap karakter yang dimasukkan sudah benar sesuai dengan pada saat pembuatan.
Contoh:
Ani123 ≠ ani123
Jika User ID yang dibuat adalah ani123 namun Nasabah menulis Ani123 pada halaman login mandiri
online, Nasabah tidak dapat masuk ke Mandiri Online karena User ID dianggap salah.

2. Bagaimana format PIN login Mandiri Online?

PIN login memiliki format yang sama dengan PIN Mandiri Internet yang lama, yaitu berupa 6 angka dan tidak boleh terdiri dari 3 atau lebih angka berulang (111, 222 dan sebagainya).

3. Apakah MPIN untuk melakukan transaksi sama dengan PIN untuk login?

Tidak sama, PIN SMS Banking (MPIN) adalah PIN yang diisi saat akan melakukan transaksi. PIN SMS Banking (MPIN) adalah PIN (terdiri dari 6 digit angka) yang dibuat oleh Nasabah saat melakukan pendaftaran layanan Mandiri Online dan mobile banking di Cabang.
PIN login hanya digunakan untuk login pada mandiri online web atau app.

4. Jika saya sudah membuat User ID dan PIN Login Mandiri Online, apakah saya bisa mengubah User ID dan PIN Login yang telah dibuat?

Nasabah dapat melakukan perubahan PIN Login di Mandiri Online dengan mengakses menu Pengaturan >> Ubah PIN, namun Nasabah tidak dapat melakukan perubahan User ID yang telah didaftarkan di Mandiri Online.

5. Bagaimana jika Nasabah lupa PIN pada Mandiri Online?

Nasabah datang ke Cabang (membawa kartu identitas, buku tabungan, kartu debit ATM) untuk dibantu dilakukan penghapusan user ID mandiri online dan melakukan aktivasi online melalui mandiri online app.

6. Bagaimana jika Nasabah lupa user ID pada Mandiri Online?

Nasabah datang ke Cabang (membawa kartu identitas, buku tabungan, kartu debit ATM) untuk dibantu dilakukan penghapusan user ID mandiri online dan melakukan aktivasi online melalui mandiri online app.

7. Bagaimana jika Nasabah salah memasukkan PIN login sebanyak 3 (tiga) kali?

User ID Mandiri Online Nasabah akan terblokir. Permohonan pembukaan blokir PIN login dapat diajukan ke Cabang dengan membawa identitas diri, kartu ATM dan buku tabungan.

8. Bagaimana jika Nasabah salah memasukkan PIN SMS Banking (MPIN) sebanyak 3 (tiga) kali?

MPIN Nasabah akan terblokir. Permohonan pembukaan blokir PIN SMS Banking (MPIN) hanya dapat diajukan ke Cabang dengan membawa identitas diri, kartu ATM dan buku tabungan.

9. Bila User ID Mandiri Online terblokir, apakah Nasabah masih dapat melakukan transaksi Mandiri Online?

Tidak bisa. Untuk membuka blokir, Nasabah dapat melakukan pembukaan blokir User ID ke Cabang dengan membawa identitas diri, kartu ATM dan buku tabungan.

10. Bila PIN SMS Banking (MPIN) terblokir, apakah Nasabah masih dapat melakukan transaksi Mandiri Online?

Tidak bisa, Nasabah harus datang ke cabang Bank Mandiri untuk mengubah PIN SMS Banking (MPIN) untuk dapat melakukan transaksi di mandiri online.

11. Bagaimana jika Nasabah salah memasukkan PIN Login dari token (response code) ke layar Mandiri Online sebanyak 3 (tiga) kali?

Token akan terblokir. Nasabah dapat melakukan pembukaan blokir token ke Cabang dengan membawa identitas diri, kartu ATM dan buku tabungan.

12. Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak dapat mengunduh/download mandiri online app?

  • Pastikan Operating System di smartphone yang Nasabah gunakan sudah compatible (Android atau iOS dengan versi yang compatible untuk Mandiri Online, sesuai poin 5).
  • Pastikan smartphone yang Nasabah gunakan tidak dalam kondisi di-root. Mandiri Online tidak dapat digunakan pada device yang dilakukan root untuk alasan keamanan.
  • Pastikan terdapat cukup memori penyimpanan pada smartphone Nasabah untuk mengunduh aplikasi Mandiri Online.
  • Jika Nasabah tetap tidak dapat mengunduh Mandiri Online App, maka hubungi Mandiri Call 14000

13. Bagaimana jika saya tidak dapat login di Mandiri Online App maupun mandiri online web?

  • Pastikan Nomor HP Anda sudah terdaftar layanan transaksi finansial (proses registrasi layanan transaksi finansial dilakukan di Cabang Bank Mandiri)
  • Jika Anda merupakan pengguna mandiri internet, maka Anda dapat log in dengan User ID dan PIN Login mandiri internet Anda. Jika tetap tidak bisa login, maka Anda perlu melakukan aktivasi online melalui aplikasi mandiri online app dengan membuat User ID dan PIN Login yang Anda gunakan pada mandiri internet.
  • Jika Anda bukan pengguna mandiri internet, maka Anda perlu melakukan aktivasi online melalui mandiri online app.

14. Bagaimana jika aplikasi mandiri online app saya tidak dapat digunakan?

  • Lakukan force close aplikasi
  • Buka ulang aplikasi dan coba lagi

15. Bagaimana jika rekening Nasabah tidak muncul di mandiri online?

Silahkan untuk mengecek kembali pengaturan tampilan dan rekening yang dipilih untuk ditampilkan.

16. Bagaimana jika Nasabah tidak dapat Login di app mandiri online tetapi dari bisa Login dari web mandiri online?

Untuk sementara, Nasabah dapat menggunakan web mandiri online untuk transaksi.

17. Bagaimana jika Nasabah tidak dapat Login mandiri online karena User ID Nasabah masih digunakan di browser yang lain?

Nasabah diharapkan menunggu selama 5 sampai 10 menit dan log in kembali atau restart device yang digunakan.

18. Bagaimana jika ada fitur pembayaran tidak ditemukan di Mandiri Online?

Nasabah untuk sementara waktu dapat melakukan pembayaran tersebut dengan channel lain (ATM, Mbanking) terlebih dahulu sampai fitur bayar dilengkapi di mandiri online. List biller yang sudah terdaftar di mandiri online dapat dilihat di Lampiran 2.

19. Bagaimana jika Nasabah tidak menerima OTP ke No HP yang digunakan?

  • Pastikan No HP yang digunakan masih memiliki pulsa yang cukup untuk menerima OTP
  • Pastikan jaringan dalam keadaan stabil
  • Silahkan untuk mencoba 5 sampai 10 menit lagi

20. Bagaimana jika Nasabah melakukan transaksi dengan mata uang yang berbeda?

Untuk sementara, Nasabah belum dapat melakukan transaksi valas (beda mata uang)

21. Bagaimana jika Nasabah tidak bisa login di mandiri online dengan pop-up message “Pengguna tidak aktif”?

Untuk sementara layanan mandiri online Nasabah dalam status di-disable. Agar dapat menggunakan mandiri online, Nasabah datang ke Cabang Bank Mandiri terdekat untuk melakukan verifikasi data. Setelah melakukan verifikasi data, Nasabah melakukan aktivasi ulang layanan mandiri online.
[ Baca Juga : Ingin Menggunakan Aplikasi Mandiri Online? Baca Caranya Yuk...!! ]
Demikianlah berbagai permasalahan yang sering di hadapi para pengguna aplikasi Mandiri (Mobile) Online, jika anda masih ada yang tidak jalas dapat menghubungi ke call center bank Mandiri pada nomer 14000 atau (021) 5299-7777.
Advertisement
Pertanyaan Seputar Masalah Pada Aplikasi Mandiri (Mobile) Online


Buka Komentar