Nih...!!! Maksudnya DP Rumah 0 Rupiah Program Anis - Sandi

Mekanisme Program KPR DP 0 Rupiah Oleh Pasangan Anis-Sandi - Penjelasan lengkap mengenai rencana Program Rumah DP 0 rupiah - Kreteria rumah DP 0 rupiah oleh pasangan Anis - Sandi - Setelah terpilihnya pasangan Anis-Sandi sebagai Gubernur DKI Jakarta untuk periode 5 tahunkedepan, kini masyarakat jakarta mulai menanyakan salah satu program unggulannya yang pernah di janjikan yaitu pembelian rumah KPR dengan DP 0 Rupiah (bukan 0% lho..) rumah yang seperti apa itu? dan bagaimana mekanismenya? dari berbagai sumber berita telah kami kumpulkan sebagai berikut;

Saat mengetahui program pembelian rumah DP 0 Rupiah itu Gubernur Bank Indonesia (BI) Bp. Agus Martowardojo memberikan pernyataan bahwa progarm DP 0 Rupiah itu menyalahi aturan sebagaimana tertuang dalam Peraturan BI (PBI) No. 18/16/PBI/2016 tentang Rasio Loan to Value untuk kredit properti.


Dalam aturan yang berlaku saat ini, harga rumah yang maksimal bisa ditanggung oleh kredit bank adalah sebesar 85 persen dari total harga rumah. Sementara 15 persen sisanya harus dibayar nasabah yang mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dalam bentuk uang muka.

Lalu inilah jawaban dari Anis -Sandi mengenai peryataan gubernur BI; "aturan tersebut tak berlaku dan tidak menyalahi aturan, jika kebijakan rumah tanpa DP merupakan program pemerintah daerah (pemda)".

Anies menjelaskan, hal tersebut diatur dalam Pasal 17 PBI No. 18/16/PBI/2016 yang berbunyi, "Kredit atau pembiayaan dalam rangka pelaksanaan program perumahan pemerintah pusat dan/atau pemda sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, sepanjang didukung dengan dokumen yang menyatakan, bahwa kredit atau pembiayaan tersebut merupakan program perumahan pemerintah pusat dan/atau pemerintah daerah dikecualikan dari ketentuan ini dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan peraturan perundang-undangan terkait yang berlaku."

Penjabaran Anis Baswedan ini juga untuk meluruskan kesalahpahaman di masyarakat. Sebab, banyak yang mengartikannya sebagai DP nol persen. Padahal yang dimaksud dalam program pasangan calon nomor 3 ini adalah nol rupiah. "Bukan nol persen, tapi DP-nya nol rupiah. Makanya, itu si debitur harus mengumpulkan dana sekitar enam bulan untuk DP tersebut," papar Anies.

Bagi Anies, program rumah DP nol rupiah tersebut sangat logis dan bisa direalisasikan di ibu kota kelak. "Insya Allah, sudah sesuai aturan. Dan solusi perumahan ini, akan menjangkau seluruh warga berpenghasilan rendah," tandasnya. (sumber: www.tribunnews.com)

Mekanisme Rencana Program Rumah DP 0 Rupiah Anis - Sandi

Mekanismenya adalah, masyarakat yang mengajukan permohonan program ini disyaratkan menabung terlebih dahulu sebesar Rp 2,3 juta selama 6 bulan. Adapun plafon Kredit Pemilikan Rumah yang akan disediakan mencapai Rp 350 juta untuk membeli hunian berbentuk rumah susun (rusun). Tanpa ada program tabungan ini, masyarakat harus menanggung uang muka Rp 53 juta (15% dari harga rumah).

Tabungan sebesar Rp 2,3 juta/bulan bila dikalikan 6 juta, hanya sebesar Rp 13,8 juta. Sementara sisanya akan dimasukkan dalam cicilan yang ditanggung masyarakat dengan cicilan bulanan menjadi Rp 2,3 juta selama 20 tahun.

Untuk memastika Rencana Program DP Rumah 0 rupiah ini Anis-sandi meyakinkan dengan menulis di situs resminya jakartamajubersama.com, mereka mengungkapkan, unit hunian yang dibangun akan berbentuk rumah susun (rusun) bukan rumah tapak atau rumah di atas tanah.

"Properti dalam program ini berbentuk hunian vertikal sederhana subsidi pemerintah dengan harga sekitar Rp 350 juta," Dalam situs tersebut dijelaskan mengapa dalam programnya tetap tertulis rumah. Hal ini mengacu pengertian bahwa rumah adalah hunian yang bisa berbentuk rumah tapak atau pun rumah susun.

"Penggunaan istilah "rumah" merupakan istilah generik yang mengacu pada hunian, yang dalam hal ini berarti hunian vertikal," demikian tulis situs itu lagi. Mengenai lokasinya masih di wilayah DKI Jakarta memanfaatkan aset milik pemerintah yang selama ini tak digunakan alias menganggur. (sumber : https://finance.detik.com)

Kreteria Rumah DP 0 Rupiah Rencana Program Anis - Sandi

  • Berada di wilayah DKI Jakarta.
  • Penyediaan lahan bisa menggunakan aset pemda, serta tanah-tanah telantar.
  • Pemprov akan aktif mengarahkan lahan-lahan untuk dibangun hunian vertikal, seperti di lokasi pusat aktivitas perekonomian warga, contohnya pasar.
  • Bisa bekerja sama dengan pihak ketiga dengan skema Built, Operate, Transfer (pemanfaatan tanah negara oleh swasta dengan mendirikan bangunan, kemudian bangunannya digunakan swasta dengan jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan, lalu dikembalikan ke negara).
Kabar baiknya mengenai rencana program KPR dengan DP 0 Rupiah oleh pasangan Anis - Sandi itu mendapatkan dukungan oleh Direktur Lippo Group John Riady "Mungkin nanti hari ke depan kami silaturahmi memberi selamat, dan meminta masukan di mana kita bisa kerja sama. Tertarik. Kalau ada program yang bisa meningkatkan daya beli masyarakat, itu buat kami baik sekali, dan kami akan mendukung,” (sumber : https://m.tempo.co)

Begitulah penjelasan mengenai Mekanisme Program KPR DP 0 Rumah oleh Pasangan Anis-Sandi - Penjelasan lengkap mengenai rencana Program Rumah DP 0 rupiah - Kreteria rumah DP 0 rupiah oleh pasangan Anis - Sandi. Kita tunggu realisasinya yukk....




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG atau isikan email anda di sini:

Hanya seorang mantan tukang dagang keliling panas kepanasan, hujan kehujanan, yang kini beralih didepan laptop untuk masa depan yang lebih baik. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN. Tampilan komentar di batasi 200, klik Newer›> Newest Untuk Komentar berikutnya. Tanks for your visit

No comments:

Blog Archive