Apa Bedanya Kredit Ultra Mikro (UMI) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR)? Baca Yuk...!

Apa yang dimaksud dengan Kredit Ultra Mikro (UMI)? Apa Bedanya dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR)? - Barangkali anda pernah dengar berita tentang Kredit Ultra Mikro, saking kecilnya jadi dinamakan "Ultra" Kredit Ultra Mikro sebenarnya sistemnya sama dengan KUR namun ada perbedaan pada batas maksimal pinjaman dan lembaga penyalurnya.

Kredit Ultra Mikro (Kredit UMI)

Pinjaman yang di berikan khusus kepada pengusaha kecil (kelas bawah) yang pantas mendapatkannya, yang pinjamannya di bawah Rp10 juta, tidak perlu menggunakan jaminan dan penyalurnya adalah melalui koperasi. Jadi jika anda menayakan di bank maka tidak ada progam KUM ini.

Mengenai bunganya berapa persen besar kecilnya belum ada keterangan yang pasti, sebab program ini masih dalam penggodogan sejak artikel ini ditulis (28/04/2017). Mungkin tiap koperasi berbeda, kita berharap saja mudah mudah 5% kebawah, sebab kata menteri Koperasi dari pemerintah sendiri kepada koperasi hanya 2% pada tahap awal.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR adalah pinjaman yang diberikan kepada pengusaha mikro, kecil dan menengah yang pantas mendapatkannya, jenis usahanya minimal sudah berjalan 6 bulan. Entah itu perdagangan, jasa, pertanian, peternakan dll, jumlah pinjaman diatas Rp10 - Rp25 juta (mikro) bahkan hingga Rp500 juta (KUR ritel).

Kabarnya Kredit Ultra Mikro diluncurkan bulan Mei 2017 ini, Kementerian Koperasi dan UKM memastikan kesiapan penyaluran Kredit Ultra Mikro (UMI) ke koperasi bisa dilakukan awal Mei tahun ini. UMI merupakan pembiayaan dengan pinjaman maksimal Rp 10 juta kepada koperasi dan UKM (KUKM).

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan, pada tahap awal penyaluran ke koperasi akan memberi bunga dua persen per tahun. Nantinya koperasi dapat menyalurkan dana tersebut ke anggota dengan bunga yang disesuaikan kebijakan pengurus.

"Namun diharapkan tidak terlalu tinggi," katanya melalui siaran tertulis usai membuka Malang City Expo 2017 di Stadion Gajayana Malang, Kamis (27/4). Kredit UMI ini digagas oleh Kementerian Keuangan bekerjasama dengan Kemenkop dan UKM serta Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Untuk memajukan program ini, Kemenkop dan UKM sendiri telah melakukan tandatangan kesepakatan dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) dan Pengurus Pusat (PP) Muhamadiyah yang memiliki unit usaha koperasi dan BMT.

Source: http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/17/04/27/op2m2d415-kredit-ultra-mikro-ke-koperasi-siap-disalurkan-mei-2017




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG atau isikan email anda di sini:

Hanya seorang mantan tukang dagang keliling panas kepanasan, hujan kehujanan, yang kini beralih didepan laptop untuk masa depan yang lebih baik. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN. Tampilan komentar di batasi 200, klik Newer›> Newest Untuk Komentar berikutnya. Tanks for your visit

No comments:

Blog Archive