Bunga KUR Turun 7% Mau Bunuh Kita?

Info Bunga KUR 2017 Turun 7% - Akankah pemerintah jadi merealisasikan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) turun 7%? sepertinya masih sebatas rencana saja, sebab hal ini di protes oleh BPR dan BPD, katanya "Bunga KUR jadi turun 7%? emang mau bunuh kita? kita sudah kita sudah habis nasabanya" begitulah kira kira protes mereka.

Sebagaimana kita ketahui bunga KUR pada 2016 sudah turun 9% dan rencana pada tahun 2017 ini kembali diturunkan menjadi 7%. Kami kutip dari liputan6.com, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan;

Awalnya pemerintah memang ingin menurunkan bunga KUR menjadi 7 persen di tahun ini. Namun rencana tersebut mendapatkan protes dari bank perkreditan rakyat (BPR) dan bank‎ pembangunan daerah (BPD).


Meski demikian, lanjut Darmin, pemerintah akan tetap memanfaatkan menggunakan selisih bunga antara 9 persen dengan 7 persen tersebut. Misalnya untuk digunakan sebagai penjaminan bagi petani yang tidak memiliki lahan sendiri.

"Selisih bunga 9 persen ke 7 persen kita pakai untuk penjaminan orang yang tidak punya lahan‎," kata dia. Darmin mengakui, selama ini penyaluran KUR untuk petani masih rendah. Perbankan lebih suka memberikan kepada pedagang atau usaha perdagangan.

‎"Di 2016 penyaluran KUR sebesar Rp 94 triliun, dari target Rp100 triliun. Jadi hampir tercapai 100 persen. Tapi yang benar-benar untuk produksi pertanian hanya Rp 16 triliun, sebagian besar ke pedagang‎," ungkap dia.

Menurut dia, selama ini petani dianggap bukan nasabah yang potensi lantaran cepatnya proses pengembalian kredit. Sedangkan pedagang dianggap lebih punya prospek yang baik bagi pegawai bank yang memberikan kredit.

"Aparat bank tidak terlalu cemerlang kalau mengurusi kredit petani. Karena pinjam 6 bulan sudah dilunasi. Kalau pedagang meningkat terus, makanya pegawai bank lebih sudah kasih pinjaman ke pedagang. Apalagi kalau petani nggak punya tanah,"

<< Baca Juga: Syarat Dan Ketentuan Mengajukan KUR Bank BTN Terbaru 2017 >>
Begitulah informasi tentang rencana pemerintah yang akan menurunkan bunga KUR dari 9% menjadi 7% yang masih menjadi rencana saja, karena diprotes oleh bank perkreditan rakyat (BPR) dan bank‎ pembangunan daerah (BPD).

Advertisement
Bunga KUR Turun 7% Mau Bunuh Kita?


Buka Komentar