Baca Yuk...!!! Perbedaan RTGS Dan Kliring Dalam Istilah Perbankan

Apa Itu Kliring? Apa Yang Dimaksud RTGS? Apa Perbedaan Kliring Dan RTGS? - Dalam istilah transaksi perbankan banyak sekali istilah yang belum kita ketahi, sebagai nasabah sudah seharusnya kita memahami istilah yang di pakai bank. Nah pada kesempatan ini saya akan membahas 2 istilah yang dipakai bank dalam hal trasfer atau kirim uang yaitu RTGS dan Kliring yang cukup akrab namun banyak yang belum tahu maksudanya.

Secara umum ke-2 istilah itu sama yaitu transfer uang dalam jumlah besar ke bank lain melalui teller bank, baik ia nasabah bank tersebut tempat transfer ataupun non nasabah yang waktu penerimaan tidak realtime (tak langsung terkirim) kadang 2 - 3 hari baru dapat diterima oleh bank tujuan

Biasaya RTGS biaya administrasinya juga besar, biasanya antara Rp15 ribu - Rp30 ribu kalau non nasabah bisa sampai Rp50 ribu belum lagi PPN 10%, jadi sebaiknya di bank tempat anda menabung saja dan tanyakan dahulu mungkin biaya kirim sudah berubah, kerana tiap bank berbeda beda.

Update...!
Biaya kliring sekarang Rp5000 saja dan RTGs Rp30.000 (BRI)

Lalu kenapa tidak melalui ATM saja? kan biayanya kecil yaitu hanya Rp7500; saja untuk ke bank lain. Nah kalau melalui ATM/iBanking ada batasnya yaitu sekitar Rp10 juta - Rp20 juta, sehingga tidak bisa jika trasnfer hingga ratusan juta.

Apa Itu RTGS..?

RTGS kepanjangan dari Real-Time Gross Settlement. RTGS menawarkan waktu transfer yang lebih cepat yakni antara 1-3 jam saja. Paling lambat ya hari kedua setelah transfer. RTGS biasanya minimum transaksi sebesar Rp 100.000.000,-

Layanan Kliring dan RTGS sudah tersedia di Internet Banking semua bank nasional. Jadi intinya RTGS digunakan untuk transaksi transfer dana ke lain bank dengan nominal yang lebih besar (minimal Rp 100 Juta). Kalau cuma di bawah Rp 100 Juta, pakainya Kliring, lalu apa itu Kliring?

Selain cepat, RTGS juga memprovide transfer tanpa perlu membawa uang tunai. Namun kekurangannya adalah biaya yang dikenakan juga lebih mahal. Untuk transfer antar bank dengan nilai nominal besar sangat dianjurkan untuk menggunakan mekanisme RTGS ini.

Apa Yang di Maksud Dengan Kliring..?

Kliring (Clearing) juga biasa disebut LLG atau SKN, adalah sistem layanan transfer uang ke berbagai rekening bank nasional, baik yang ada dalam jaringan ATM Bersama maupun ATM Prima dengan limit transaksi maksimal Rp 100 juta per hari.

Atau proses transfer rekening antar bank yakni transfer dari rekening kita ke rekening dibank lain melalui mekanisme kliring. Proses kliring (Clearing) adalah tindakan bank untuk mengecek apakah saldo yang hendak ditransfer itu cukup atau tidak.

Waktu transfer yang dibutuhkan berkisar antara 2-3 hari kerja. Jadi, misalnya Anda transfer dari Bank BRI ke BCA hari selasa, dietrimanya bisa hari kamis atau jumat. Saran saya sebaiknya trasfernya lebih pagi dibawah jam 11, katanya sampainya bisa sore hari atau esoknya pagi.

Selain  memakan waktu yang lama (2 - 3) hari kerja, kekurangan lain adalah proses LLG harus disesuaikan dengan jadwal kliring bank itu sendiri. Keuntungannya biaya yang dikenakan memang lebih murah.
<< Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan mTOKEN Dalam Transaksi Perbankan >>
Begitulah Arti kata Kliring dan RTGS dalam istilah perbankan, Kalau masalah biaya administrasi selahkan tanya bank masing masing, sebab setiap bank berbeda beda.
Advertisement
Baca Yuk...!!! Perbedaan RTGS Dan Kliring Dalam Istilah Perbankan

Buka Komentar