Apa Yang Dimaksud Dengan mTOKEN Dalam Transaksi Perbankan

Apa Itu mToken Dalam Istilah Transaksi Perbankan? - Bagaimana Mendapatkan mToken - Bagaimana Cara Aktifasi mTOKEN - Kalau sudah berhubungan dengan transaksi online (ibanking) dalam perbankan entah itu transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian, ganti password dan ganti email pasati memerlukan kode angka unik yang disebut mToken. Apakah yang dimaksud dengan mTOKEN ? mTOKEN adalah nomer unik yang diberikan secara rahasia dan terbatas waktunya untuk dipakai, nomer kode unik ini sebagai pengaman tambahan yang dibutuhkan pada setiap transaksi keuangan (transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian), ubah password dan ubah alamat email. Anda bisa melakukan Permintaan mTOKEN di Internet Banking, setelah menyelesaikan Registrasi mTOKEN di Cabang BRI dan Aktivasi mTOKEN di Internet Banking.

Ketentuan Menggunakan mTOKEN

Nasabah harus terlebih dahulu melakukan registrasi dan aktivasi mTOKEN. Ketika ada permintaan mTOKEN maka sistem akan mengirim SMS yang berisi mTOKEN. Untuk setiap permintaan mTOKEN, user mendapatkan nomer sekitar 5 digit mTOKEN melalui SMS.

Perlu anda ketahui bahwa Satu mTOKEN hanya bisa digunakan untuk 1x transaksi, kecuali pembayaran yang kolektif seperti Bpjs. mTOKEN memiliki masa berlaku yang tercantum di SMS Stok mTOKEN.
Setiap kali melakukan permintaan mTOKEN maka mTOKEN sebelumnya akan hangus.

Ingat...! Salah memasukkan mTOKEN sebanyak 3x maka User ID akan terblokir, dan nasabah harus menghubungi Call Center bank tempat anda menabung untuk membuka blokir tersebut. Satu nomor handphone hanya dapat digunakan oleh satu User ID.

Jenis nomor handphone yang bisa untuk registrasi mTOKEN

Sebelum mendaftarkan nomer HP yang akan menerima notifikasi mTOKEN pastikan nomer anda selalu aktif dan ada pulsanya minimal Rp1000; kalau untuk nelpon call center pastikan pulsa anda ada Rp20 ribu, kalau bisa yang masa aktifnya panjang, sebab nomer itu untuk selamanya.

Saya sendiri pakai nomer Tri AON yang masa aktifnya bertahun tahuan, sebab jika suatu saat nanti mau ganti nomer HP rtibet lagi, harus nelpon call center yang biaya perdetiknya mahal. Tau sendirikan kalau nelpon call center bank itu ditanya berbelit belit untuk memastikan keamanan akun perbankan anda.

Provider seluler yang diperkenankan untuk Registrasi mTOKEN adalah :
  • Indosat
  • Telkomsel
  • XL
  • Three/Tri
  • Telkom Flexi
  • Bakrie Telecom

Cara registrasi mTOKEN

  • Silahkan Datang ke cabang bank tempat anda menabung yang  terdekat.
  • Mengisi form pendaftaran nomor handphone untuk mTOKEN Internet Banking BRI. Dokumen pendukung yang dibawa : kartu ATM / buku tabungan dan KTP.
  • Setelah proses registrasi selesai, nasabah menerima SMS berisi Nomor Aktivasi mTOKEN.
  • Segera lakukan aktivasi mTOKEN di Internet Banking.

Cara aktivasi mTOKEN

  • Silahkan Login ke Internet Banking anda, jika nasabah BRI masuk ke menu [LAYANAN NASABAH].
  • Pilih [Aktivasi mTOKEN].
  • Cek apakah Nomor Aktivasi di layar Internet Banking sama dengan Nomor Aktivasi pada SMS.
  • Masukkan Nomor Aktivasi mTOKEN, dan klik [Kirim].
    Aktivasi mTOKEN selesai.
Catatan : menu [Aktivasi mTOKEN] akan muncul jika nasabah sudah sukses melakukan registrasi mTOKEN.

Cara Mengganti nomor handphone untuk pengiriman mTOKEN

Anda bisa melakukan ganti nomor handphone dengan 2 cara :
  1. Hubungi Call Center Bank anda, untuk menghapus nomor handphone Anda. Kemudian lakukan registrasi mTOKEN di Cabang bank tempat menabung, atau
  2. Datang ke kantor cabang terdekat, untuk menghapus nomor handphone Anda kemudian melakukan registrasi mTOKEN dengan nomor handphone Anda yang baru.
<< Baca Juga: Berbagai Keuntungan Penggunaan Kartu Kredit yang Belum Kamu Ketahui >>
Begitulah segala sesuatu tentang mTOKEN, Apa Itu mToken Dalam Istilah Transaksi Perbankan - Cara Mendapatkan mToken - Bagaimana Cara Aktifasi mTOKEN. Yuk manfaatkan kemudahan transakasi dengan menggnakan mTOKEN...
Advertisement
Apa Yang Dimaksud  Dengan mTOKEN Dalam Transaksi Perbankan

Buka Komentar