Tips Jitu Dalam Memilih Asuransi Motor yang Menguntungkan

Bagaimana Memilih Asuransi Sepeda Motor Yang Tepat - Ditengah gencarnya sosialisasi tentang keselamatan berkendara, ternyata masih banyak masyarakat yang belum menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Buktinya, masih sering kita lihat para pengguna jalan melakukan berbagai pelanggaran. Seperti misalnya tidak menggunakan helm, tidak menyalakan lampu waktu di siang hari, tidak memakai spion, lampu sein mati, dan lain sebagainya. Hal ini tentu dapat meningkatkan resiko kecelakaan, yang pastinya dapat membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain.

Nah, karena tingginya resiko berkendara di jalan raya tersebut, maka sudah sepatutnya apabila kita punya kesadaran untuk memberikan perlindungan lebih kepada motor kesayangan kita tersebut. Terlebih buat anda yang mempunyai motor mewah yang harganya hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah.


Akan tetapi, sebelum kami membahas mengenai tips memilih asuransi motor yang tepat, sebaiknya ketahui dahulu mengenai jenis-jenis dari asuransi motor ini.

Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor


1. Asuransi total lost only
Jenis asuransi ini biasanya memiliki premi yang lebih murah, dan cocok bagi anda yang memiliki budget terbatas. Asuransi total lost only akan memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan parah hingga 75%, selain itu ganti rugi juga akan diberikan apabila terjadi tindak pencurian atau begal.

2. Asuransi all risk 
Asuransi all risk adalah jenis asuransi yang mengkover hampir semua bentuk kerugian yang dialami oleh kendaraan bermotor. Mulai dari kerusakan minor, seperti bodi lecet, hingga kerusakan akibat kecelakaan ataupun pencurian. Hanya saja ada beberapa pengecualian, klaim akan ditolak jika terjadi tindak penggelapan, kecelakaan karena melanggar peraturan lalu lintas dan cacat produksi.

Tips memilih asuransi motor terbaik

Dengan begitu banyaknya perusahaan asuransi di indonesia dan beragamnya produk asuransi kendaraan yang mereka promosikan, tentu bukan hal mudah untuk memilih satu dari sekian banyak pilihan. Agar bisa mendapatkan asuransi motor terbaik, berikut ini tips yang perlu dijalankan.

1. Baca psakbi dengan cermat
Psakbi atau disebut juga polis standar asuransi kendaraan bermotor indonesia berisi berbagai klausul yang tentang asuransi yang akan digunakan. Apabila ada istilah yang membingungkan, jangan ragu untuk bertanya kepada agen asuransi, jangan sampai anda biarkan dan menyesal di kemudian hari.

2. Prioritaskan kebutuhan
Membeli produk asuransi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan polis asuransi kendaraan yang digunakan sudah mengkover semua jenis perlindungan dan manfaat yang ingin anda dapatkan. Selain tentu pertimbangkan juga dengan besaran premi yang harus dibayarkan.

3. Pilih yang memberikan kemudahan klaim
Pihak perusahaan yang memberikan kemudahan klaim oleh nasabah, sudah sepatutnya memiliki nilai lebih daripada perusahaan yang lain. Poin pentingnya adalah tanyakan mengenai prosedur pengajuan klaim, apakah terkesan sederhana dan gampang atau justru ribet dan merepotkan.

4. Pilih perusahaan asuransi yang kredibel
Perusahaan asuransi yang sudah berdiri lama, memiliki banyak nasabah, dan terbukti tidak pernah bermasalah dengan nasabah adalah perusahaan yang kredibel. Dengan memilih produk asuransi dari perusahaan yang kredibel akan menurunkan resiko tidak diterimanya klaim yang diajukan nasabah.

5. Pilih perusahaan asuransi dengan jaringan yang luas
Pertimbangkan untuk memilih perusahaan asuransi yang berafiliasi dengan banyak bengkel di tempat yang dekat dengan lokasi kita sering beraktivitas, misalnya dari tempat tinggal ataupun kantor.

6. Pertimbangkan opsi kendaraan pengganti
Perusahaan asuransi yang memberikan opsi kendaraan pengganti bisa menjadi pilihan yang bagus manakala kendaraan yang anda gunakan dimanfaatkan untuk kegiatan mencari nafkah sehari-hari. Kendaraan pengganti ini bisa anda manfaatkan selagi motor anda direparasi di bengkel.

<< Simak Juga: Strategi Jitu Buat Anda yang Berpenghasilan Kecil Agar Bisa Miliki Rumah Impian >>
Jadi bagi anda yang ingin memberikan proteksi kepada kendaraan bermotor kesayangan dengan asuransi, maka pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget dana yang anda miliki.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN.

No comments: