Terlilit Banyak Hutang Karena Kartu Kredit? Ini Solusinya

Bagaimana Tips & Solusinya Jika Sudah Terlanjur Terlilit Hutang Kartu Kredit? - Pemakaian kartu kredit sekarang di anggap sebagai solusi praktis untuk memudahkan setiap transaksi. Dan tak jarang banyak produk-produk yang di jual dengan diskon yang lumayan besar jika kita menggunakan kartu kredit.
Walau jika di lihat sepintas penggunaan kartu kredit ini sangat menguntungkan, akan tetapi jika kita tak bisa mengelola dengan baik, yang terjadi justru malah hal buruk. Ketika penggunaan kartu ini tidak terkontrol ia justru akan menjadi petaka bagi penggunanya.

Nah apabila Anda saat ini sudah terlanjur mendapatkan musibah, terlilit hutang yang banyak, akibat salah mengontrol penggunaan kartu kredit, di bawah ini kami akan berbikan beberapa tips agar Anda bisa keluar dari masalah tersebut.


Tips cerdas melunasi hutang kartu kredit


1. Hindari penggunaan kartu kredit untuk sementara
Buat Anda yang memiliki hobi belanja dan terjebak dalam kondisi pengeluaran yang banyak sehingga menyebabkan kartu kredit Anda jebol, mulai sekarang Anda harus mulai membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Hutang yang sudah terlanjur menumpuk jangan semakin ditumpuk lagi. Atau paling tidak minimalisirlah penggunaan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan yang amat sangat penting saja.

2. Dahulukan melunasi kartu kredit yang memiliki bunga paling besar
Bunga yang paling besar dapat membuat kantong Anda kering jika tidak segera dilunasi.
Oleh karena itu, ketika kartu kredit Anda mengalami tunggakan, gunakanlah skala prioritas untuk melunasi kartu kredit yang memiliki bungan paling besar.

3. Jual aset yang Anda miliki
Mempunyai hutang tentunya tidak menyenangkan dan semakin menambah beban pikiran anda. Oleh karena itu jika Anda memiliki aset yang berharga,  Anda bisa menjual itu terlebih dahulu sehingga hasil penjualnnya dapat digunakan untuk mengurangi beban hutang Anda atau bahkan bisa melunasi hutang tersebut.

4. Cari pemasukan tambahan
Ketika penghasilan Anda saat ini tidak mencukupi untuk menutupi hutang anda, sebaiknya Anda mulai memikirkan cara untuk mencari penghasilan tambahan. Aturlah waktu luang Anda sehingga memungkinkan Anda untuk mencari pekerjaan demi menghasilkan tambahan uang untuk melunasi hutang anda.

Jika Anda sudah terlalu lelah untuk bekerja di luar rumah, Anda bisa mencari pekerjaan freelance yang bisa Anda kerjakan di dalam rumah. Kemudahan internet sangat memungkinkan untuk mendapatkan pekerjaan jenis ini bila Anda mau berusaha dengan sungguh-sungguh.

5. Lakukan negosiasi dengan pihak bank
Saat Anda menyadari bahwa Anda dalam kondisi terlilit hutang, Anda harus mulai menghitung berapa lama waktu yang memungkinkan Anda untuk melakukan pelunasan. Jika Anda merasa bahwa Anda tidak dapat melunasi hutang tersebut dalam waktu dekat, sebaiknya Anda melakukan negosiasi dengan pihak bank berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk melunasi hutang tersebut.

Dengan melakukan negosiasi dengan pihak bank, Anda bisa mengajukan keringanan yang disebut dengan refinance. Langkah ini dilakukan agar bunga kartu kredit Anda tidak berjalan sehingga jumlah tanggungan Anda tidak bertambah setiap bulannya.

6. Hutang dengan jumlah kecil untuk menutupi hutang yang besar
Satu cara lagi yang bisa Anda terapkan ketika mengalami kondisi terlilit hutang adalah dengan melakukan pinjaman. Inilah yang disebut dengan ungkapan hutang dengan jumlah kecil untuk menutupi hutang yang besar.

Jadi disini Anda bisa mencari pinjaman dengan bunga yang lebih kecil dari bunga kartu kredit. Cara ini memang bisa dibilang sebagai cara yang cukup berani, namun pada kondisi tertentu bisa dijadikan solusi untuk melunasi kartu kredit anda.

<< Baca Juga: 4 Langkah Mudah Mengurus ATM yang Hilang >>

Nah itu tadi adalah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk melunasi hutang kartu kredit anda. Jika Anda sudah pernah mengalami kondisi tersebut, jangan sampai mengulangi kejadian yang sama. Hal itu sama saja dengan jatuh ke lubang yang sama. Gunakanlah kartu kredit Anda secara bijak dan kelola keuangan Anda dengan baik. Semoga bermanfaat.

Search for: 
Terlilit hutang, Hutang kartu kredit, tagihan kartu kredit, loan, masalah hutang menumpuk, pusing terlilit hutang, cara melunasi hutang, huatang bank, hutang leasing
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN.

No comments: