Strategi Jitu Buat Anda yang Berpenghasilan Kecil Agar Bisa Miliki Rumah Impian

Bagaimana Cara Bisa Mendapatkan Rumah KPR Dengan Gaji Yang Kecil Bahkan Pas Pasan? - Mempunyai rumah idaman tentu menjadi impian bagi semua orang. Tetapi dengan mahalnya harga tanah dan property saat ini, di tambah kebutuhan keluarga yang  lumayan besar, serta pemasukan atau gaji yang pas-pasan, membuat sebagian orang sangat susah untuk dapat memiliki rumah impiannya,
Jika anda termasuk dalam kondisi di atas, jangan putus asa, bukan berarti dengan gaji minimum anda tidak dapat memiliki rumah yang anda inginkan.

Saat ini pemerintah mengeluarkan pembaharuan aturan kredit pembelian rumah (kpr) tentang uang muka, yaitu per agustus 2016 uang muka diturunkan menjadi 15% dari harga rumah..
Selain itu saat ini hampir semua pengembang perumahan yang tersebar di seluruh wilayah indonesia, berlomba-lomba dalam menawarkan rumah murah atau istilah populernya perumahan bersubsidi bagi masyarakat ekonomi kecil.


Nah, buat anda yang bergaji kecil datau pas-pasan, berikut ini kami rangkum beberapa strategi yang bisa anda terapkan dalam mendapatkan rumah impian anda.

1. Menentukan harga rumah yang diinginkan

Sebelum membeli rumah, sebaiknya anda perlu tahu rumah seperti apa yang anda butuhkan. Dari mulai harga, tipe, dan jenis rumah harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Karena hal ini nantinya berkaitan dengan pengeluaran anda per bulannya jika memakai sistem kpr.

Strategi lain yang dapat digunakan yaitu mengambil jangka waktu yang cukup panjang untuk pembayaran kredit rumah, misalnya 15 tahun. Sehingga anda dapat menyesuaikan penghasilan anda setiap bulannya dengan pembayaran kredit rumah.

Yang paling penting, anda harus benar benar memastikan bahwa biaya cicilan yang anda bayarkan setiap bulannya tidak melebihi dari kemampuan anda, sehingga tidak terjadi lebih besar pasak daripada  tiang.

2. Menabung dan mengatur pengeluaran 

Menabung menjadi kunci yang paling utama untuk memiliki rumah karena berkaitan dengan pembayaran kpr dengan waktu yang cukup panjang sehingga dari awal anda harus mulai menabung untuk membayar uang muka dan cicilan perbulannya.

Mulailah mengatur pengeluaran anda dengan rinci dan tertulis seperti kebutuhan pokok dan kebutuhan tersier anda. Hindari pemborosan yang tidak penting untuk menghemat pengeluaran anda. Selain itu, anda juga harus mematuhi anggaran pengeluaran yang anda buat sendiri.

Anda juga dapat menekan pengeluaran anda menjadi lebih hemat. Misalnya, dengan membawa bekal makan ke kantor dari rumah sehingga tidak perlu anda mengeluarkan biaya makan siang di kafe atau kantin kantor. Anda juga dapat menghemat pengeluaran transportasi dengan lebih sering memakai transportasi umum dibandingkan transportasi pribadi

3. Mencari KPR dengan bunga yang rendah

Selain menemukan tempat tinggal yang cocok, anda juga harus mencari kpr yang tepat sesuai dengan kemampuan anda. Beberapa kpr menawarkan bermacam macam penawaran dan bunga kredit yang berbeda beda. Pilihlah kpr yang menawarkan bunga kredit yang rendah.

Suku bunga kredit yang rendah ini nantinya dapat mempengaruhi biaya cicilan anda per bulannya. Anda akan semakin diperingan dalam pembayaran apabila suku bunga kpr rendah.

4. Pilih bank yang terpercaya

Ketika sudah memilih kpr yang tepat, jangan lupa untuk melihat bank yang menawarkannya. Lihatlah kredibilitas bank tersebut. Pilihlah bank yang sudah terpercaya dan banyak digunakan masyarakat, sehingga proses kpr anda lebih terjamin dan aman.

5. Mencari penghasilan tambahan

Bayangkan saja jika anda memiliki penghasilan tambahan, pemasukan anda setiap bulannya dapat bertambah. Ada banyak cara untuk menambah penghasilan. Yang terpenting pekerjaan tambahan tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama anda.

<< Baca Juga: Tabungan, Deposito, Reksadana, Manakah Yang Terbaik? Berikut Jawabannya >>
Nah itu dia beberapa tips atau strategi bagi anda yang bergaji kecil dalam mendapatkan rumah sendiri yang di dambakan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN.

No comments: