Jangan Pandang Sebelah Mata, Karena Ternyata Bank Syariah Banyak Keunggulannya

Keunggulan Menabung di Bank Syariah - Kemunculan bank syariah pada awalnya tidak banyak dilirik oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan, keberadaan bank konvensional yang telah lama hadir terlebih dahulu, dinilai telah memenuhi kebutuhan perbankan masyarakat. Nah, bagi anda yang saat ini masih meremehkan peran bank syariah, berikut ini kami bagikan beberapa keuntungan dari jenis bank ini.

5 Keunggulan Bank Syariah yang Tidak Bisa Dianggap Sebelah Mata


1. Didukung dengan layanan dan fasilitas lengkap

Pada awal mulai bermunculannya bank syariah, memang masih belum banyak menawarkan berbagai program menarik. Sarana seperti mesin atm pun masih sangat jarang ditemui. Namun kini seiring dengan berkembangnya bank syariah, kini masalah layanan dan program-program  menarik sudah siap dibandingkan dengan bank konvensional. Mulai dari layanan deposito, segala macam kredit, kliring, dll, dapat diselesaikan dengan mudah.


Beberapa bank syariah menawarkan layanan mobile banking, bahkan hingga kartu kredit syariah, sehingga mempermudah penggunanya untuk melakukan transaksi. Termasuk dengan adanya atm bersama, dimana anda dapat melakukan penarikan tunai maupun transaksi lainnya lewat atm berlogo atm bersama.

2. Manajemen finansial yang lebih stabil

Krisis ekonomi yang dialami negara indonesia, justru membuktikan bahwa prinsip perbankan syariah yang digunakan oleh bank syariah, ternyata jauh lebih bagus dibandingkan dengan sistem ekonomi liberal yang digunakan oleh bank-bank konvensional.

Disaat krisis ekonomi melanda, banyak bank-bank konvensional yang terkena dampak parah hingga harus bangkrut atau membutuhkan suntikan dana segar agar tetap bisa beroperasi. Namun disaat yang sama, justru mulai banyak bermunculan bank-bank yang berbasis syariah, beberapa dari mereka bahkan telah  membuka cabang. Hal ini membuktikan manajemen finansial bank syariah lebih stabil dibanding bank konvensional.

3. Hubungan kemitraan antara nasabah dan bank

Umumnya, bank konvensional hanya mengenal kreditor dan debitur. Sedangkan dalam bank syariah tidak ada istilah seperti itu, mereka menggunakan istilah “kemitraan” untuk mendeskripsikan hubungan antara nasabah dengan bank. Karena itulah, perbankan syariah lebih terlihat adil dan transparan. Sisi positif lain dari konsep ini adalah dapat menghilangkan stereotip negatif yang selama ini melekat pada image bank.

Sementara bank konvensional menggunakan peraturan dari bank indonesia, dan menentukan suku bunga mereka sendiri, lain halnya dengan bank syariah. Bank syariah memberikan bunga sesuai dengan perkembangan finansial bank tersebut. Sehingga secara tidak langsung anda telah memiliki ‘saham’ pada bank anda tersebut.

4. Investasi untuk dunia dan akherat

Dalam segi investasi, bank syariah sangat diunggulkan karena transparansi penggunaan dananya. Karena aturan syariah yang ketat mengenai perjudian, obat-obatan dan hal-hal yang dilarang lainnya, maka bank syariah benar-benar menyeleksi kemana dana itu akan disalurkan. Bank tidak hanya menilai tentang kelayakan dan prospek saja, akan tetapi juga sisi halal dan haramnya dari sebuah usaha.

Bank syariah mengeluarkan 2,5 persen dari keuntungan tahunannya untuk dizakatkan. Dengan menggunakan bank syariah maka anda secara tidak langsung juga turut memberikan zakat untuk membantu mereka yang membutuhkan.

5. Jaminan 100% halal

Segala transaksi dalam bank syariah dijamin halalnya. Jika ada pengusaha yang mengajukan kredit kepada bank syariah, maka agama atau kepercayaan dari pengusaha tersebut tidak penting. Yang paling penting adalah dana yang diberikan oleh bank harus digunakan untuk hal atau keperluan yang halal. Jika dana tersebut digunakan untuk bisnis, maka bisnis tersebut harus terbebas dari risiko hal-hal terdapat unsur haram didalamnya.

Baca Juga: Bandingkan Yuk Keuntungan Investasi Pasar Modal Syariah Dan Konvensional
Jadi bank syariah tidak membatasi nasabahnya harus yang beragama muslim, akan tetapi mereka mewajibkan para nasabahnya untuk mengikuti aturan perbankan syariah. Dari 5 hal diatas terlihat jelas keunggulan bank syariah dibandingkan dengan bank konvensional.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN.

No comments: