Investasi Dalam Bentuk Deposito? Bersiaplah Untuk Mendapatkan 6 Keuntungan Ini

Keuntungan Investasi Dalam Bentuk Dalam Bentuk Deposito - Deposito merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan bank dalam bentuk tabungan berjangka. Artinya adalah tabungan atau simpanan yang pencairannya memiliki aturan berdasarkan jangka waktu tertentu. Jangka waktu yang ditentukan mulai dari 1, 3, 6 atau 12 bulan. Deposito biasanya memiliki bunga yang lebih besar daripada tabungan biasa.

Lantas, apakah berinvenstasi deposito itu menguntungkan? Tentu saja sangat menguntungkan, berikut 6 keuntungan yang Anda dapatkan.


Keuntungan berinvestasi deposito


1.Keamanan Sangat Terjamin

Sudah disinggung diawal bahwa seperti halnya tabungan, dana deposito juga dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan, jadi kita tidak perlu kawatir akan dana yang disetorkan sebagai deposito pokok kepada bank. Karena dana deposito tersebut akan sangat aman.

2. Berisiko Rendah

Deposito merupakan salah satu jenis investasi dengan risiko rendah karena tidak seperti saham, deposito tidak memiliki hubungan dengan pasang surutnya ekonomi seperti melemah atau menguatnya rupiah maupun inflasi. Jadi meskipun dalam keadaan inflasi tinggi, rupiah menguat ataupun melemah, dengan deposito Anda akan tetap mendapatkan keuntungan.

3. Memiliki Bunga yang Lebih Tinggi dari Tabungan

Pada umumnya tabungan dan deposito memiliki fungsi yang sama. Keduanya sama-sama digunakan untuk mengamankan dana cash yang kita miliki. Namun pada praktiknya bunga yang dikeluarkan oleh bank terhadap produk tabungan dan deposito jelas berbeda.

Bunga pada tabungan dihitung setiap hari dan akan dibagikan dalam akhir periode bulanan sedangkan bunga pada deposito akan dihitung pada akhir periode jangka waktu yang dipilih. Dan menariknya semakin besar dana deposito pokok yang disetorkan dan semakin lama jangka waktu yang dipilih akan semakin besar bunga yang didapat.

4. Proses dan Syarat yang Mudah

Seperti halnya membuka tabungan di bank, proses dan syarat penyetoran dana deposito sangatlah mudah. Pertama tentukan bank yang Anda percaya untuk menerima dana deposito Anda dan pastikan Anda sudah mempunyai produk tabungan dari bank tersebut.

Datang langsung ke bank yang dituju dengan membawa buku tabungan dan juga identitas diri seperti KTP atau SIM dan pilihkan produk deposito yang Anda inginkan. Proses ini tidak membutuhkan waktu lama, sangat mudah dan cepat untuk pilihan berinvestasi.

5. Tidak Dikenakan Biaya Adminstrasi Bulanan

Berbeda dengan tabungan yang setiap bulannya dikenakan biaya administrasi dan dipotong dari saldo tabungan, deposito tidak mengenakan biaya administrasi setiap bulannya. Jadi saldo deposito Anda akan tetap utuh sampai jatuh tempo jangka waktu yang dipilih.

Perlu diketahui saat pencairan bunga akan dikenakan pajak sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku saat itu. Namun jangan kawatir Anda akan tetap mendapatkan keuntungan karena bunga yang Anda terima akan lebih besar daripada pajaknya. Tentu saja ini sangat berbeda dengan tabungan.

6. Terdapat Banyak Pilihan Jangka Waktu

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa deposito sama seperti tabungan. Perbedaan hanya terletak pada jangka waktu yang harus ditentukan diawal. Nah salah satu keuntungan dengan berinvestasi pada deposito yaitu banyaknya pilihan jangka waktu. Dengan pilihan jangka waktu ini tentunya Anda bisa memprediksi berapa lama dan berapa keuntungan yang ingin Anda dapatkan dari investasi deposito.

Jangka waktu yang ditentukan biasanya mulai dari 1, 3, 6, 12, 18 hingga 24 bulan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda karena dana deposito tidak bisa diambil sewaktu-waktu seperti tabungan, jikapun bisa maka akan dikenakan denda.

<< Baca Juga: Inilah 3 Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Kamu Yang Merasa Muda Dengan Modal Kecil >>
Berinvestasi pada apapun tentunya akan memiliki kelebihan dan kelemahan. Namun dengan berinvestasi pada deposito setidaknya Anda akan mendapatkan 6 kelebihan atau  keuntungan tersebut. Jadi, sudah siapkah Anda untuk investasi deposito?

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN.

No comments: