Berbagai Keuntungan Penggunaan Kartu Kredit yang Belum Kamu Ketahui

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit? - Transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan dua yaitu cara tunai dan non tunai. Pembayaran tunai menggunakan mata uang secara langsung, sedangkan pembayaran non tunai salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Dari kedua cara tersebut pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dulu pernah saya ulas mengenai kelebihan/keutamaan dan kekurangan transaksi menggunakan kartu kredit. Nah, sesuai judul di atas, pada pembahasan kali ini, kita akan fokus membahas tentang keuntungan menggunakan pembayaran tagihan melalui kartu kredit, atau non tunai yang akan melengkapi artikel sebelumnya.


Keuntungan bertransaksi menggunakan kartu kredit

Dikalangan masyarakat indonesia sendiri, penggunaan kartu kredit masih terbatas untuk mereka dari kalangan menengah atas saja. Ketakutan akan terjerat banyak hutang kepada pihak bank merupakan salah satu faktor kecilnya penggunaan kartu ini di kalangan masyarakat.

Padahal hal tersebut tidaklah benar, semua tergantung dari bagaimana kita mengelola setiap pembayaran transaksi yang menggunakan kartu kredit tersebut. Menggunakan kartu kredit dengan bijak tidak akan berimbas buruk pada keuangan pemiliknya.

Sesungguhnya banyak keuntungan yang dapat di nikmati apabila bertransaksi menggunakan kartu kredit. Hanya saja belum banyak yang mengetahui. Lantas, apa saja keuntungan dari penggunaan kartu kredit ini? Berikut jawabannya.

1. Kemudahan bertransaksi

Selama nasabah melakukan pembayaran tepat waktu tidak akan dikenakan biaya tambahan apapun. Transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit akan ditagih sekitar 20 – 50 hari sesuai jatuh tempo yang ditetapkan oleh pihak bank.
Kartu kredit dapat menjadi alternatif  apabila ingin berbelanja tanpa harus repot membawa uang tunai yang berlebih. Selain itu kartu kredit juga mempermudahkan pengguna dalam melakukan belanja online.

2. Point reward 

Pada setiap proses pembelian yang menggunakan kartu kredit akan mendapatkan  point reward.  Apabila sudah mencapai jumlah point yang ditetap kan maka dapat ditukarkan sewaktu-waktu dengan berbagai hadiah yang ditawarkan oleh pihak penerbit kartu kredit.

3. Fasilitas layanan menguntungkan

Menggunakan pembayaran melalui kartu kredit akan mendapatkan layanan diskon khusus diberbagi tempat perbelanjaan, hotel, rumah, serta bioskop yang bekerja sama dengan penerbit kartu kredit. Selain itu ada juga layanan cash back dan cicilan dengan bunga 0%.

4. Keamanan

Kartu kredit lebih efektif dari pada uang tunai dari segi keamanan. Karena  bepergian kemanapun tidak perlu membawa uang tunai berlebih. Cukup dengan melakukan tarik tunai di atm dimana tempat Anda bepergian.


5. Alat pembayaran universal

Kartu kredit lebih diterima sebagai alat pembayaran di luar negri daripada alat pembayaran lainnya. Karena kartu kredit dapat diterima di seluruh dunia.


6. Layanan pelindungan konsumen

Pemilik kartu kredit memiliki fasilitas layanan perlindungan konsumen dari pihak penerbit kartu yang akan membantu proses klaim, apabila terjadi kerusakan barang pada saat pembelian.

7. Transparansi laporan transaksi

Segala jenis transaksi melalui kartu kredit akan tercatat, dan setiap bulan pemilik akan mendapatkan laporan transksi. Sehingga lebih mudah mengetahui penggunaannya.

Penggunaan kartu kredit dapat membantu untuk merencanakan anggaran bulanan dengan cermat. Selain itu dapat juga membantu dalam kondisi darurat apabila kita membutuhkan uang segera. Misalnya untuk keperluan pengobatan dirumah sakit sementara kita tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar biaya rumah sakit.

Baca Juga: Terlilit Banyak Hutang Karena Kartu Kredit? Ini Solusinya
Jadi apabila Anda tertarik menggunakan kartu kredit, lihat terlebih dulu kondisi keuangan anda. Pastikan limit dari kartu kredit sesuai dengan kemampuan finasial. Usahan menggunakannya dalam batas wajar dan sesuai kebutuhan. Karena kartu kredit di fungsikan untuk mempermudah proses pembayaran apapun, bukan untuk membebani Anda dengan hutang akibat pemakaian yang tak terkendali.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN.

No comments: