6 Langkah Praktis Menaikkan Limit Kartu Kredit

Bagaimana Cara Menaik-kan Limit Pada Kartu Kredit? - Pada umumnya sistem penggunaan kartu kredit bersifat dinamis. Artinya nasabah dapat menaikkan atau menurunkan limit kartu kredit sesuai dengan kebutuhan pengguna. Untuk anda yang memiliki limit kartu kredit terbatas ada beberapa langkah-langkah praktis yang dapat di gunakan untuk menaikkan limit kartu kredit Anda. Nah, berikut ini caranya..

1. Gunakan kartu kredit secara sering dan berkala

Tunjukkan kepada pihak bank bahwa anda adalah nasabah yang loyal dan aktif menggunakan kartu prabayar tersebut. Caranya dengan menggunakan kartu kredit minimal tiga kali dalam seminggu untuk melakukan transaksi pembayaran. Apabila anda jarang menggunakan kartu kredit tersebut maka pihak bank tidak akan mempertimbangkan untuk meningkatkan limit kartu prabayar anda.

2. Hindari keterlambatan tagihan pembayaran kartu kredit

Keterlambatan dalam proses pembayaran tagihan akan mengurangi kemungkinan untuk pengguna kartu kredit mendapatkan kenaikan limit dari yang dimiliki. Pihak bank penerbit kartu kredit akan melihat rekam jejak pembayaran tagihan. Apabila pembayaran bersih dan disiplin dalam melunasi tagihan, maka pihak bank tidak akan ragu memberikan penambahan limit pada kartu kredit sesuai yang anda inginkan.

3. Menggunakn kartu kredit selama satu tahun

Dikutip dari cheatsheet.com, “Mayoritas perusahaan penerbit kartu kredit akan secara otomatis melakukan review terhadap penggunaan kartu kredit setelah enam bulan pemakaian.”
Kenaikan limit kartu kredit ini berlaku apabila nasabah merupakan  pengguna aktif setelah enam bulan atau minimal satu tahun. Hal ini mempermudah pihak bank menganalisis penggunaan kartu kredit.

4. Membayar tagihan lebih dari jumlah minimum payment

Minimum payment adalah besarnya pembayaran minimum yang harus dibayarkan oleh seorang nasabah kartu kredit atas tagihan yang digunakan. Berdasarkan kebijakan yang dikeluarkan Bank Indonesia minimum payment kartu kredit sebesar 10%.

Membayar lebih dari minimum payment berarti dapat memperlihatkan kemampuan finansial anda dengan membayar tagihan secara penuh. Jadi secara tidak langsung anda menunjukkan kesanggupan dalam pembayaran tagihan sesuai yang digunakan. Sehingga menurut pihak bank anda berhak menerima penambahan limit kartu kredit atau mungkin dari pihak bank sendiri yang menawarkan kenaikan karena dianggap memiliki kredibilitas yang baik dalam penyelesaian tagihan.

5. Menggunakan alasan yang relevan untuk mengajukan kenaikan limit kartu kredit

Ketika akan mengajukan permohonan untuk menaikkan limit kartu kredit gunakan alasan yang relevan dan logis. Misalnya, penambahan limit kartu kredit akan digunakan untuk membantu pengembangan usaha. Dengan begitu pihak bank tidak ragu memberikan kenaikan limit karena nasabah dianggap mampu mengelola keuangan sendiri.


6. Bersikap realistis pada saat akan mengajukan kenaikan limit kartu kredit

Jika mengajukan kenaikan limit kartu kredit bersikaplah realistis terhadap kondisi keuangan anda. Artinya pengajuan kenaikan limit kartu kredit sebanding dengan penghasilan yang ada terima pada setiap bulannya. Sehingga pada saat pembayaran tagihan tidak terjadi penumpukan tagihan. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap pelunasan tagihan nantinya. Cobalah untuk meminta kenaikan limit sekitar 10% - 25% dari batas kartu kredit yang anda miliki.

<< Baca Juga: Terlilit Banyak Hutang Karena Kartu Kredit? Ini Solusinya >>

Mengajukan kenaikan limit kartu kredit sangat mudah apabila pengguna memiliki track record baik dimata bank. Menaikkan limit kartu kredit sebaiknya diukur sesuai dengan kemampuan pengguna. Akan menjadi percuma, apabila kartu kredit yang digunakan memiliki limit tinggi, namun terjadi penunggakan pada pembayaran tagihan akibat pemakaiaan yang berlebihan. Ada baiknya melakukan pertimbangan secara finansial agar tidak membebankan di kemudian hari.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN.

No comments: