4 Langkah Mudah Mengurus ATM yang Hilang

Bagaimana Solusinya Jika Kartu ATM Hilang - ATM (Anjungan Tunai Mandiri) saat ini banyak di gunakan oleh berbagai kalangan. Banyak transaksi yang dapat di lakukan hanya dengan menggunakan kartu ini tanpa harus membuang waktu untuk antri dan menemui teller di bank. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan via ATM yaitu penarikan tunai, setoran tunai, transfer dana, pembayaran, dan belanja.

Beberapa kemudahan transaksi di atas menjadikan ATM sebagai benda  yang harus dibawa ketika pergi ke luar rumah, terlebih ketika harus bepergian keluar kota. Bentuknya yang kecil terkadang membuat kita lalai karena terjatuh, lupa taruh, atau mungkin kecopetan. Atau bisa juga tertelan mesin ATM saat Anda sedang menggunakannya.


Nah, apabila Anda saat ini mengalami hal di atas, Anda jangan panik, berikut ini kami akan bagikan beberapa tips untuk mengurus ATM yang hilang tersebut. Silahkan disimak.

Langkah Mengurus ATM yang Hilang


1. Hubungi Customer Service
Langkah awal yang perlu Anda lakukan saat mengalami kejadian tersebut adalah menghubungi Customer  Service dari bank yang Anda miliki. Anda bisa mencari nomernya di buku tabungan Anda atau mengecek di internet.

Setelah terhubung dengan customer service, sampaikan keluhan anda. Biasanya Anda akan ditanyakan beberapa pertanyaan untuk mencocokkan data diri Anda dengan data yang mereka miliki. Selanjutnya Anda bisa meminta tolong untuk pemblokiran kartu ATM Anda supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda kehilangan ATM Anda sebab tertelan mesin maka hubungilah customer service yang tertera datanya di mesin ATM, bukan yang di stiker tempelan di ATM. Stiker tempelan mesin bisa saja dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan menguras saldo Anda di rekening tabungan anda. Oleh karena itu waspadalah.

2. Transfer Saldo ke Rekening Lain
Jika Anda menggunakan layanan sms banking atau internet banking, Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk memindahkan saldo rekening tabungan Anda ke rekening orang lain yang Anda percaya. Ini bisa menjadi tindakan pencegahan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang kemungkinan bisa memanfaatkan saldo tabungan anda.

3. Membuat Surat Kehilangan di Kepolisian
Setelah melakukan pemblokiran kartu ATM , Anda bisa melaporkan kejadian tersebut ke kantor kepolisian terdekat dan meminta surat kehilangan. Ketika mengurus hal ini, jangan lupa untuk membawa KTP dan rekening buku tabungan anda.

Biasanya pengurusan layanan seperti ini gratis atau tidak dikenakan biaya jadi Anda tidak perlu khawatir. Disini biasanya Anda hanya diberi pertanyaan seputar identitas diri, keterangan sebab kehilangan kartu ATM, waktu dan lokasi kehilangan serta nomer rekening buku tabungan anda.

4. Mengurus ke Bank
Langkah selanjutnya adalah membuat ATM baru dengan membawa surat kehilangan ATM tersebut ke bank dengan dilengkapi KTP dan buku tabungan anda. Anda tidak perlu khawatir, waktu yang dibutuhkan untuk membuat kartu ATM baru ini biasanya relatif cepat dan Anda  hanya dikenakan biaya pembuatan ATM baru saja.

Di sini Anda akan diberi pertanyaan seputar berapa saldo terakhir tabungan Anda yang Anda ingat, dimana Anda membuat ATM, dan kapan terakhir kalinya Anda melakukan transaksi via ATM.

Sebagai catatan, Bank tempat Anda mengurus kehilangan ATM biasanya dianjurkan merupakan Bank yang Anda gunakan sewaktu membuka rekening tabungan. Jadi sebaiknya Anda cek buku tabungan anda, biasanya di dalamnya tertulis tempat pembukaan rekening bank anda.

<< Baca Juga: Jam Kerja (Operasional) Bank BRI, Mandiri, BNI, BCA, Bank BTN, Bank Bukopin, BTPN, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank BJB, Bank CIMB, Bank Danamon, Bank Muamalat, HSBC dan Bank Lainya >>

Nah itu tadi adalah beberapa tips untuk mengurus ATM yang hilang. Jadi jangan panik dulu, tenanglah dan lakukan beberapa tips di atas. Ketika Anda mengetahui apa yang harus Anda lakukan, semuanya terasa mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Pencarian:
ATM hilang, Masalah ATM hilang, Cara lapor kartu ATM Yang Hilang, ATM ketinggalan, ATM dicuri orang, blokir ATM
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN.

No comments: