-->

Bolehkah Mengajukan KUR Tanpa Agunan Sebagai jaminan

Info Perbankan - Apa Boleh Mengajukan KUR Tanpa Agunan Sertifikat Tanah/Bangunan, atau BPKB? - Banyak tetangga dan teman ketika ingin mangajukan KUR ke bank BRI, Mandiri, BNI atau bank lain-nya pelaksana KUR bertanya tanya seperti itu, sehingga mereka ragu untuk mangajukan walaupun sudah punya usaha yang sudah berjalan bertahu tahun. Memang KUR sangat dibutuhkan oleh para UMKM yang sedang berkembang dan ingin memajukan usahanya namun terkendala oleh permodalan yang pas pas-an.

Para pengusaha mikro, kecil dan menengah memang menjadi prioritas utama para kreditur pemberi KUR maka tidak ada alasan yang berbelit belit sehingga menyusahkan para pengusaha untuk mendapatkan suntikan dana sebagai modal untuk pengembangan usahanya.


Pada 2015 kemarin presiden Jokowi menegaskan bahwa Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau kredit mikro dengan plafon pinjaman maksimal Rp 25 juta, tidak diwajibkan memberikan agunan kepada bank. Jadi intinya jika anda meminjam dibawah Rp25.000.000; sebenarnya tidak harus menggunakan Agunan seperti seperti sertifikat tanah, BPKB mobil, dan lain sebagainya yang setara dengan jumlah pinjaman.

Jika Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal 3 (tiga) tahun, dan Kredit Investasi (KI) jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun. Untuk bunganya tiap bank berbeda beda (umunya bunga KUR sekarang 9% per tahun) walaupun ini program pemerintah, namun  KUR ini sebenarnya modalnya murni dari bank pelaksana KUR itu sendiri, tapi disubsidi oleh pemerintah.

Berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) Nomor 8 tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan KUR, pada pasal 10 dinyatakan bahwa agunan pokok KUR adalah usaha atau objek yang dibiayai oleh KUR, jadi anda harus punya usaha yang sudah berjalan karena itulah jaminan yang sebenarnya.
<< BACA JUGA: SYARAT & CARA MENGAJUKAN KUR BRI TERBARU 2016 >>
Namun kenyataan-nya banyak bank pelaksana KUR yang masih minta agunan  seperti sertifikat tanah, BPKB mobil sebagai jaminan-nya, walaupun jumlah pinjaman dibawah 25 juta karena kebijaksanaan pimpinan bank itu sendari, Jika anda pandai bernegosisi silahkan berikan alasan supaya pimpinan bank itu percaya dan yakin bahwa anda mampu mambayar.

Itulah jawaban atas pertanyaan "Bolehkah Mengajukan KUR Tanpa Agunan Sebagai jaminan?" yang selama ini jadi perdebatan. Ok sahabat semua semoga bermanfaat, tetaplah bersama kami untuk mendapatkan informasi seputar produk perbankan.
Advertisement
Bolehkah Mengajukan KUR Tanpa Agunan Sebagai jaminan


Buka Komentar