Ketentuan Dan Syarat Pengajuan KUR MIKRO Bank Jatim

Info KUR Bank Jatim - Apa Saja Persyaratan mengajukan KUR Mikro Bank Jatim - Saat ini dana KUR memang sangat di butuhkan bagi siapa saja yang sedang menjalanakan Usaha Mikro Kecil Menengah & Keperasi (UMKMK) untuk menunjang kelangsungan usahanya. KUR ini merupakan program dari pemerintah dananya tetap dari bank pelaksana KUR untuk para pelaku usaha produktif dan Layak namun Belum Bankable dengan plafon sampai dengan Rp. 500.000.000; (lima ratus juta rupiah) yang dijamin oleh Perusahaan Penjamin.

Apa itu Bankable? maksudnya adalah UMKMK yang belum dapat memenuhi persyaratan perkreditan/pembiayaan dari Bank Pelaksana antara lain dalam penyediaan agunan dan pemenuhan persyaratan perkreditan/pembiayaan yang sesuai dengan ketentuan Bank Pelaksana. Namaun kenyataa-nya Jika anda mengajukan KUR tetap akan diminta jaminan-nya, makanya siapkan saja BPKB atau sertifikat tanah/rumah


Lalu apa itu maksudanya Produktif dan Layak? artinya benar benar menghasilkan berupa barang atau jasa untuk menujang keberlangsungan usahanya sehingga prospek kedepan-nya bisa diperkirakan perkembangan-nya. Juga menguntungkan/memberikan laba sehingga mampu membayar bunga/marjin dan mengembalikan seluruh hutang/ kewajiban pokok Kredit/Pembiayaan dalam jangka waktu yang disepakati antara Bank Pelaksana dengan Debitur KUR dan memberikan sisa keuntungan untuk mengembangkan usahanya..

Dalam hal ini bank Jatim juga menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pengusaha Mikro, makanya jika anda diwilayah jawa timur selain Bank BRI, BNI, Mandiri, BTN, Bukopin, BNI Syariah dan Bank Syariah mandiri sebagai alternatif anda juga bisa mengajikan KUR Mikro di Bank Jatim. kalau saya pribadi memilih BRI alasanya bunganya rendah broo..

Kredit Mikro Bank Jatim

adalah fasilitas kredit untuk tujuan pembiayaan yang bersifat produktif (modal kerja dan investasi produktif).
  • Sasaran Kredit
    • Wiraswasta/pengusaha perorangan mempunyai agunan, yang membutuhkan kredit untuk kepentingan usahanya baik untuk modal kerja maupun investasi guna menunjang usaha.
  • Plafond Kredit
    • Maksimal Rp500,00Juta per debitur
  • Suku Bunga
    • Suku bunga ringan, kompetitif dan menarik
  • Jaminan Kredit
    • Jaminan Tambahan adalah barang bergerak (contoh: BPKB kendaraan) dan/atau barang tidak bergerak (contoh: Sertipikat Tanah dan/atau Bangunan).
  • Syarat Pengajuan Kredit
    1. Wiraswasta/pengusaha yang memiliki usaha produktif yang tidak bertentangan dengan norma-norma hukum yang berlaku;
    2. Lama menjalankan usaha sejenis minimal 2 (dua) tahun;
    3. Syarat lainnya sesuai ketentuan bankjatim;
    4. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi INFO BANK JATIM di 14044 atau hubungi Kantor Cabang Bank Jatim terdekat.


SUKU BUNGA DASAR KREDIT BANK JATIM
Per Bulan Februari 2016
( % pa )

Suku Bunga Dasar Kredit Berdasar Segmen Bisnis
Kredit Korporasi Kredit Retail Kredit Mikro Kredit Konsumer
KPR Non KPR
Suku Bunga Dasar Kredit 8.17% 10.43% 12.02% 9.04% 9.91%

Keterangan:

  1. Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) ini belum memperhitungkan komponen premi resiko yang besarnya tergantung dari penilaian bank terhadap resiko masing-masing debitur. Dengan demikian, besarnya suku bunga kredit yang dikenakan kepada debitur belum tentu sama dengan SBDK (dicantumkan untuk publikasi yang dilakukan melalui papan pengumuman di setiap kantor Bank, halaman utama website dalam dalam hal bank memiliki website, dan surat kabar).
  2. Dalam Kredit Konsumsi non KPR tidak termasuk penyediaan dana melalui kartu kredit dan kredit tanpa agunan (dicantumkan untuk publikasi yang dilakukan melalui papan pengumuman di setiap kantor Bank, halaman utama website dalam hal bank memiliki website, dan surat kabar).
  3. Informasi SBDK yang berlaku setiap saat dapat dilihat pada publikasi di setiap kantor Bank dan/atau website Bank dalam hal bank memiliki website (dicantumkan hanya untuk publikasi yang dilakukan melalui surat kabar).
Simulasi perhitungan Kredit Mikro Bank Jatim:
Untuk simulasi bunga kredit mikro anda bisa hitung sendiri pada halaman ini : form-simulasi 
Ada 2 perhitungan bunga yaitu annuitas dan Flat, sebagai contoh saya akan mengajukan kredit sebesar 25 juta selama 3 tahun (36 bulan) dengan sitem Flat maka perhitungan-nya seperti ini:

Contoh simulasi bunga kredit Mikro bank Jatim - (klik untuk perbesar gambar)

Prosedur Pengajuan KUR bank Jatim:
  • UMKMK mengajukan surat permohonan KUR kepada Bank dengan melampiri dokumen seperti legalitas usaha, perizinan usaha, catatan keuangan dan sebagainya.
  • Bank mengevaluasi/analisa kelayakan usaha UMKMK berdasarkan permohonan UMKMK tersebut.
  • Apabila menurut Bank, usaha UMKMK layak maka Bank menyetujui permohonan KUR. Keputusan pemberian KUR sepenuhnya merupakan kewenangan Bank.
  • Bank dan UMKMK menandatangani Perjanjian Kredit/Pembiayaan.
  • UMKMK wajib membayar/mengangsur kewajiban pengembalian KUR kepada Bank sampai lunas.
<< BACA JUGA: SYARAT & CARA MENGAJUKAN KUR BRI TERBARU 2016 >>
Biasanya Anda Akan Bendapatkan KUR Bila Tidak sedang menerima kredit/pembiayaan dari perbankan dan/atau yang tidak sedang menerima Kredit Program dari Pemerintah/selain KUR; Untuk lebih lengkapnya sebainya anda langsung ke kantor bank Jatim di kota anda, tenyakan semuanya termasuk dokumen apa saja yang diperlukan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN.

No comments: