Keuntungan Tapera Dan Persyaratan Menjadi Peserta Tapera

Review Tapera - Apa saja keuntungan menabung dan menjadi peserta Tapera? Lalu Apa saja syaratnya untuk bisa bergabung menjadi perserta Tapera - Setelah dalam 2 tahun ini sejak 2014 pemerintah sukses dengan program Bpjs Kesehatan, kini 23 februari 2016 siap meluncur program baru yaitu Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Prinsip kerjanya sama setiap peserta Tapera akan dipotong gajinya oleh perusahaan setiap bulan-nya maksimal sebesar 3% ( 2,5% dipotong dari gaji karyawan dan 0,5%-nya dari pemberi kerja ) UU ini telah disahkan oleh DPRRI dalam Rapat Paripurna ke-19 DPR masa persidangan III tahun 2015-2016, di gedung DPR. Dengan adanya undang undang ini diharapkan masyarakat yang berpenghasilan rendah akan mudah mendapatkan rumah yang layak huni jika mereka bersedia menjadi peserta Tapera, sebab pemerintah akan mempunyai dana dari hasil potongan gaji karyawan ataupun peserta mandiri untuk melakukan pembangunan perumahan yang layak dengan berbiaya murah.

Semua kegiatan itu akan dikelola oleh badan khusus bernama Badan Pengelola (BP) Tapera yang akan beroperasi dua tahun sejak UU Tapera dishkan. BP Tapera itu akan dilebur dengan Bapertarum-PNS yang selama ini mengelola dana perumahan milik Pegawai Negeri Sipil. Rencananya, uang iuran itu akan digunakan membangun perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan belum memiliki rumah.


"Sementara bagi masyarakat non MBR dan yang sudah yang punya rumah  akan menjadi simpanan semacam investasi, ketika pensiun uang yang disetorkan akan dibayarkan kembali dengan jumlah sesuai setoran ditambah bunga. Jadi tidak ada yang dirugikan.

Persyaratan Menjadi Peserta Tapera
  • Masyarakat yang bepenghasilan Rendah (MBR) mereka yang memiliki pendapatan maksimal Rp 4 juta/bulan bagi mereka yang membeli rumah, dan Rp 7 juta/bulan bagi mereka yang membeli rumah susun.
  • Minimal pemohon berumur 18 tahun, atau sudah sudah menikah
  • Untuk warga negara asing(WNA) yang memiliki visa minimal enam bulan. 
Update: Kata Wakil Ketua Panitia Khusus RUU Tapera; WNA boleh menjadi anggota Tapera tapi tidak memiliki hak untuk mendapatkan pembiayaan rumah. (mereka mungkin akan bilang "apa gunanya ikut Tapera kalau tidak memiliki hak memiliki rumah")
Keuntungan/ Manfaat Peserta Tapera
  • Bagi peserta yang berpenghasilan rendah (MBR), dia akan mendapat fasilitas bantuan pembiayaan perumahan dari dana ini. Biaya murah lewat FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan alias Subsidi KPR).
  • KPR dengan bunga rendah hanya 5% per tahun dan berlaku tetap hingga masa kredit selesai. Jangka waktu kredit yang panjang mencapai 20 tahun. Hingga bantuan uang muka perumahan sebesar Rp 4 juata per rumah.
  • Bantuan bedah rumah, yaitu  bantuan pembiayaan renovasi atau perbaikan rumah hingga Rp 15 juta per rumah, dan Rp 30 juta untuk bantuan biaya pembangunan rumah baru.
< BACA JUGA: KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN INTERNET BANKING KLIK BCA >

Itulah Penjelasan lengkap tentang Tapera, keuntungan menabung dan menjadi peserta Tapera, syaratnya untuk bisa bergabung menjadi perserta Tapera. Karena Undang undangnya baru disahkan kami akan update kedepanya untuk mendapatkan inforemasi terbaru.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN.

3 comments:

Abu Azma said...

persyratan minimal 18 tahun atau sudah menikah

admin said...

kenapa WNA justru diperbolehkan menjadi perserta Tapera
www.peluangproperti.com

Abu Azma said...

WNA boleh menjadi anggota Tapera tapi tidak memiliki hak untuk mendapatkan pembiayaan rumah.