SYARAT & CARA MENGAJUKAN KUR BRI TERBARU 2016

Review KUR BRI - Apa itu KUR BRI? Apa Syarat Dan Ketentuan KUR BRI?, Bagainana Caranya Mengajukan KUR ke Bank BRI - Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program dari pemerintah berupa pinjaman modal usaha yang dananya 100% dari bank pelaksana KUR untuk rakyat Indonesia yang produktif dan Layak namun Belum Bankable dengan plafon sampai dengan Rp. 500.000.000; (lima ratus juta rupiah) yang dijamin oleh Perusahaan Penjamin. Karena dananya dari bank pelaksana makanya bunganya & sistemnya berbeda beda, dan jika anda di tolak bank BRI bisa mengajukan di bank lainya yang penting Tidak sedang menerima kredit/pembiayaan dari perbankan dan/atau yang tidak sedang menerima Kredit Program dari Pemerintah/selain KUR.

KUR BRI ditujukan pada sektor pertanian (on farm), perikanan (on farm) dan industri pengolahan, dan sektor perdagangan. Dalam program-nya ini Bank BRI beberapa bulan yang lalu memberitakan bahwa untuk target KUR pada  2016 akan ditingkatkan menjadi sebesar Rp 100 triliun. pihak bank BRI membidik para pedagang di pasar dengan merekrut anak pedagang di pasar sebagai tenaga pemasaran  menjadi ujung tombaknya.

Sebenarnya KUR ini bukan hanya bank BRI, bank yang lain juga mempunyai program ini, ada 33 bank pelaksana KUR dan rata rata bank daerah menjadi bank pelaksana, seperti bank BJB yang pernah saya ikuti dan sampai sekarang saya masih aktif membayar kredit Usaha Rakyat bank BJB ini. Memang bank BRI-lah yang masyarakat kenal dengan program KUR-nya sehingga anggapan-nya cuma bank BRI saja. Dulu 4 tahun yang lalu Pengalaman saya pernah mengajukan KUR ke BRI, gak tau kenapa lama banget realisasinya dan prosesnya agak berbelit belit padahal saya punya agunan.


Mungkin karena terlalu banyak yang mengajukan jadi lama prosesnya, terbukti pada agustus hingga november 2015 kemarin  Angka 600.000 debitur dicapai oleh Bank BRI hanya dalam kurun waktu 3 (tiga) bulan itu. “Dengan kata lain, rata-rata setiap harinya Bank BRI merealisasikan KUR untuk 10.000 debitur. Angka ini merupakan prestasi tertinggi yang pernah dicapai oleh lembaga perbankan,” kata Hari Siaga, Corporate Secretary Bank BRI.  dengan proses yang lama itu saya gak sabar dan beralih ke bank BJB.

Tapi untuk tahun 2016 ini dipermudah katanya, sebagai info tambahan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar 9% mulai 4 Januari 2016, dari sebelumnya 12%. Kebijakan ini dilakukan untuk mendorong pengembangan sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).  silakan anda langsung saja kekantor BRI terdekat dan tanyakan selengkapnya. Saya sebagai penulis disini hanya memberikan info prgram KUR, syarat dan ketentuan-nya saja.

Kredit Usaha Rakyat BRI

Pembiayaan KUR BANK BRI
  • Kredit Usaha Rakyat (KUR) BANK BRI terdiri dari KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI
  • KUR Mikro BANK BRI adalah Kredit Modal Kerja dan atau Investasi dengan plafond s.d Rp 25 juta per debitur
  • KUR Ritel BANK BRI adalah Kredit Modal Kerja dan atau Investasi kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak dengan plafond > Rp 25 juta s.d Rp 500 juta per debitur
  • KUR TKI BANK BRI diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan dengan plafond s.d Rp 25 juta
  • KUR BANK BRI diberikan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dengan usaha produktif dan layak
  • Sektor usaha yang dibiayai sesuai dengan ketentuan pemerintah
  • KUR BANK BRI dapat dilayani di seluruh Unit Kerja BANK BRI yang tersebar di seluruh Indonesia

Syarat Calon Debitur

KUR Mikro BANK BRI
  • Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  • Persyaratan administrasi
     Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha
KUR Ritel BANK BRI
  • Mempunyai usaha produktif dan layak
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  • Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan
KUR TKI BANK BRI
Individu (perorangan) calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.
Persyaratan administrasi:
  1. Identitas berupa KTP dan Kartu Keluarga
  2. Perjanjian kerja dengan pengguna jasa
  3. Perjanjian penempatan
  4. Passpor
  5. Visa
  6. Persyaratan lainnya sesuai ketentuan

Ketentuan dan Syarat Kredit

KUR Mikro BANK BRI
  • Besar kredit
      Maksimal sebesar Rp 25 juta per debitur
  • Jenis kredit
    • Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal 3 (tiga) tahun
    • Kredit Investasi (KI) jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun
  • Suku bunga
     Suku bunga 9% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan
  • Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi
KUR Ritel BANK BRI
  • Besar kredit
      > Rp 25 juta - Rp 500 juta
  • Jenis kredit
    • Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal 4 (empat) tahun
    • Kredit Investasi (KI) jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun
  • Suku bunga
     Suku bunga 9% efektif per tahun
  • Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi
  • Agunan sesuai ketentuan bank
KUR TKI BANK BRI
  • Besar kredit
      Maksimal Rp 25 juta atau sesuai Cost Structure yang ditetapkan pemerintah
  • Suku bunga
     Suku bunga 9% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan
  • Tidak dipungut biaya provisi dan administrasi
  • Jangka waktu maksimal 3 (tiga) tahun atau sesuai kontrak kerja
  • Tujuan negara penempatan Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia
Simulasi angsuran KUR Besarnya Pinjaman Sesuai Jangka Waktu Yang Akan Anda Pilih 2016

Ilustrasi Tabel Angsuran KUR BRI 2016
POKOK PINJAMAN12 Bulan18 Bulan24 Bulan36 Bulan
 5.000.000437.167 298.278 228.833 159.389
6.000.000 524.600 357.933 274.600 191.267
7.000.000 612.033 417.589 320.367 223.144
8.000.000 699.467 477.244 366.133 255.022
9.000.000 786.900 536.900 411.900 286.900
10.000.000 874.333 596.556 457.667 318.778
11.000.000 961.767 656.211 503.433 350.656
12.000.000 1.049.200 715.867 549.200 382.533
13.000.000 1.136.633 775.522 594.967 414.411
14.000.000 1.224.067 835.178 640.733 446.289
15.000.000 1.311.500 894.833 686.500 478.167
16.000.000 1.398.933 954.489 732.267 510.044
17.000.000 1.486.367 1.014.144 778.033 541.922
18.000.000 1.573.800 1.073.800 823.800 573.800
19.000.000 1.661.233 1.133.456 869.567 605.678
20.000.000 1.748.667 1.193.111 915.333 637.556
21.000.000 1.836.100 1.252.767 961.100 669.433
22.000.000 1.923.533 1.312.422 1.006.867 701.311
23.000.000 2.010.967 1.372.078 1.052.633 733.189
24.000.000 2.098.400 1.431.733 1.098.400 765.067
25.000.000 2.185.833 1.491.389 1.144.167 796.944
<< Baca juga: Syarat Lengkap Buka Rekening Tabungan BRITAMA >>
Prosedur/Mekanisme Pengajuan KUR BRI
  • Pemohon (UMKMK) mengajukan surat permohonan KUR kepada Bank dengan melampiri dokumen seperti legalitas usaha (jika ada), perizinan usaha, catatan keuangan dan sebagainya.
  • Bank mengevaluasi/analisa kelayakan usaha UMKMK berdasarkan permohonan UMKMK tersebut.
  • Apabila menurut Bank, usaha UMKMK layak maka Bank menyetujui permohonan KUR. Keputusan pemberian KUR sepenuhnya merupakan kewenangan Bank.
  • Bank dan UMKMK menandatangani Perjanjian Kredit/Pembiayaan.
  • UMKMK wajib membayar/mengangsur kewajiban pengembalian KUR kepada Bank sampai lunas.
Dokumen Yang Di Perlukan:
  • Identitas diri nasabah, seperti KTP, SIM, Kartu Keluarga, dll.
  • Legalitas usaha, seperti akta pendirian, akta perubahan
  • Perzinan usaha, seperti SIU, TDP, SK Domisili, dll
  • Catatan pembukuan atau laporan keuangan
  • Copy bukti agunan
Yang Termasuk Agunan Sebagai Jaminan:
  • Agunan wajib ada yaitu Kelayakan Usaha dan Obyek yang dibiayai itu sendiri (jenis usaha yang sudah anda jalankan), Kalau anda tidak punya usaha apa apa mustahil akan di setujui
  • Agunan Tambahan sesuai dengan ketentuan pada Bank Pelaksana, misalnya sertifikat tanah, BPKB mobil, dan lain sebagainya.
<< Baca Juga: Cara & Syarat Mengajukan KUR BNI Terbaru 2016 >>

Itulah KUR BRI, Syarat Dan Ketentuan KUR BRI, Mekanisme & Prosedur Mangajukan KUR BRI. Untuk Cara lebih lengkapnya silahkan anda datangi saja kekantor BRI terdekat daerah anda, dengan senang hati mereka akan menerangkan semuanya tentang persyaratan dokumen yang harus anda sediakan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN.

83 comments:

Cornelius Sinaga said...

Btul bray,ane pinjam 20 jt aja, harus pake jaminan BPKB, hbs tu jumlah pinjaman tdk blh lbh dari harga jual jaminan,kalo menteri sih enak ngomong tanpa jaminan, la wong bukan duit dia. Bagian pelaksana yg keberatan..

infocarabisnis.com said...

Wah baru tahu nih saya tentang KUR. Makasih banyak bos atas ilmunya yang telah dijelaskan secara detail banget.

Azarine Yusriyah said...

Sama sama mas syamsu, tanks sudah singgah...

Lekso Mirmawan said...

Tks infonya bermanfaat

Azarine Yusriyah said...


STOP ... !!! SORRY NO PROMOTION LOAN DEBT . IF STILL THERE , THEN AUTOMATICALLY BE ERASED . ONCE AGAIN WE'RE SORRY

Indra Utama Karana said...

Selagi berhutang tidak ada yang menguntungkan, yang untung yang memberi pinjaman aja, kalau bisa jangan membuat hutang, sebab menjadi beban semuanya, umpama berdagang siapa yang mau rugi.....

Azarine Yusriyah said...

Betul banget tuh.. mas Indra, punya hutang bikin hidup gak bisa santai, mau jalan jalan kepikir hutang, mau jajan kepir hutang pokoknya tertekan hidup ini..

perc.davilla mandiri said...

Hutang atau tidak, saya rasa sesuai dengan situasi dan kondisi ya....saya memulai usaha percetakan saya dengan berhutang dan syukur sekarang beberapa kariawan saya bisa saya kasih pinjaman atau utangan....ok kan

Icha said...

Kalo usaha salon bisa ngga ya? Soalnya saya di tolak oleh salah satu BRI di medan,katanya usaha salon ga bisa....tp anehnya koq ga dr awal di kasitau ga bisa,awalnya mreka bilang usaha apa aja bisa tp setelah 1 bln tiba2 katanya ga bisa...

Percetakan Full Warna said...

KUR memang sangat membantu, semoga dukungan pemrintah ini dapat menumbuhkan usaha2 percetakan seperti kami, salam dari www.fullwarna.com

Moch Tahyar said...

Sya sudah mengajukan untuk pinjaman kur tpi sampai sekarang g. Di respom padahal saya ingin memperbesar bengkel. Saya udah berusaha bkin persyaratan untuk dana kur tpi kayak nya kur hanya memberi harapan palsu

Azarine Yusriyah said...

Sdr moch Tahyar, Coba ke bank lain yang merupakan pelaksana KUR. Ada 33 bank pelaksan KUR, baca disini http://www.abuazmashare.id/2016/02/ketentuan-umum-mengajukan-kur-di-33.html

Burhanuddin Sa'i said...

Apa harus punya rekening di bank pelaksana KUR?

Azarine Yusriyah said...

@ Burhanuddin, iya betul. Untuk mencairkan uang KUR persyaratanya harus punya rekening bank tempat anda mengajukan KUR

Miranda Puspita said...

Program KUR BRI ini apakah betul tidak mengharuskan memberikan jaminan asalkan ada bukti usaha?
Sebab di beberapa Bank setiap peminjaman uang untuk modal harus disertai Jaminan dgn jumlah nominal yang sesuai ...
Mohon penjelasannya, terimakasih

Azarine Yusriyah said...

@Miranda, pilih yang KUR mikro mbak gak harus pakai jaminan yang penting jangan diatas 25juta ini aturan pemerintah, klo sudah lebih dari 25 jta masuknya KUR ritel. jawaban saya semoga membantu, trmkasih sudah singgah..

Davit Emeraldi said...

Saya baru ngerti ada pinjaman kur
saya buka usaha toko bahan bangunan
bisa ga ya mengajukan kur
ada jaminan surat rumah saya
kalo ada yang bisa bantu urus
Tolong ya....0878.8780.7589
tks ya

Tiara Joe said...

Mau tanya jika uda bermohon lama proses hingga pencairan berapa lama..?

Azarine Yusriyah said...

@David, kalau mau pinjam langsung saja ke bank BRI/BNI tidk perlu pakai perantara

Azarine Yusriyah said...

@Tiara, setelah menyerahakan permohonan tinggal tunggu antrian, agar lebih cepat datangi beberapa kali menanyakan kapan mau di survei. setelah di survei biasanya 2 hari cair. Kalu di BRI kelamaan alternatif ke 2 BNI juga bagus sama bunganya 9%.

awandalu Jr. said...

@david, hari jumat tgl 19 agustus kemarin, saya mengajukan berkas ke BRI (fotocopy KTP, fotocopy KK, surat keterangan usaha dari desa) diproses, kata mantrinya suruh nunggu panggilan dari pihak bank. Senin di hubungi sekitar jam 12, jam 1 dana cair. saya pake jaminan BPKB, permohonan kredit sebesar 20jt...gitu aja...gak repot...dan yang penting JANGAN PAKE SUAP-SUAPAN apalagi pake perantara...thanks

yani melita said...

Saya mau tanya, kemarin saya sdh meminjam kur bri sebesar 10 jt dgn pembayaran selama 2 tahun. Kira kira apakah saya bisa meminjam kembali tetapi cicilan saya msh blm dilunasi??? Mohon bantu jawab ya. Terima kasih. 😊

Azarine Yusriyah said...

@ Yani Melita, Bisa mbak silhakan saja koordinasi dengan bagian marketing KUR. Biasanya kalo pembayaran kita lancar dengan sendirinya mereka akan menawari lagi yang lebih besar dari sebelumnya, tapi di potong sisa yang belum dilunasi. Misalnya, pinjam 10 juta angsuran kurang 3 bulan lagi baru lunas, nah sekarang mau pinjam 15 juta nanti terimanya kurang dari 15 juta karena dipotong dulu untuk melunasi yg 3 bulan tadi

Aris Kacang said...

Mau tanya mbak kalau mau pinjam uang usaha kita angkutan umum bisa gak mbak ? Trmksh

Azarine Yusriyah said...

Bisa kang aris, coba saja soalnya nanti akan di survey dulu jenis usaha dan sudah berapa bulan bejalan, klo di BRI nggak bisa coba ke BNI sama saja bunganya kecil

himatul aliyah said...

hati-hati hutang bisa membuat hidup bertambah sulit http://goo.gl/AvrHkP

Quratul 'ain zah said...

mau nanya, awal bulan lalu mama saya mengajukan pinjaman kur di BRI dan dia sudah melakukan semua syarat2nya dan sudah di survai tmpt usahanya, katanya pihak bank tunggu panggilan aja tp sampai sekrang gak ada komfirmasi, setau saya kan klo sdh di survai biasanya cm 2 hari dananya cair ini kok smpai sekarang gak, sudah itu gak ada komfirmasinya, sy harus gmn yah?

sandi said...

hallo pak ko saya sudah melunasin kur di bri mau ngambil lagi ko lama ya cairnya

sandi said...

pak saya mau nanya ko sekarang kur di bri lama keluarnya

yudhi afonk said...

Saya pinjam 5juta dari KUR BRI,tapi dipotong 120ribu

jimmy djahidan said...

ternyata Prosesnya ga gampang boss untuk bagian lapangan nya males survey ane dah beberapakali buat pengajuan di kcp cikarang tapi gak ada respon karena domisili tempat tinggal dan tempat usaha ane jauh jadi malas orang lapangannya survey,ane tinggal di cikarang tapi tempat usaha di cikampek ogah dia survey ketoko ane karna letaknya berjauhan..capedeeeh.

Azarine Yusriyah said...

@ Quratul aini. Coba hubungi lagi kejelasanya gmana. klo gak ada jawaban jelas lebih baik batalkan saja dan coba mengajukan di BNI, sama dengan BRI bunganya murah

Azarine Yusriyah said...

@ Sandi. Saat melunsi harusnya sekalian mengajukan langsung, biasanya langsung cair, apa mungkin beda tempat cabang BRI beda juga aturanya

@ Yudhi. ya biasa itu mas biaya ADM kalo bank lain malah lebih gede yaitu wajib meninggalkan saldo mengendap 1 bulan angsuran.

@ Jimmy, wah malas itu bagian surveynya, hubungi lagi saja...

sandi said...

saya melunasin 1 cabang ko,udah 1 minggu belum ada kabar kata pihak bri data masuk jaringan lama bener ga

kur_php said...

di mana ada kur mikro bri kaga pakai jaminan? minjam 10juta aja mesti taruh bpkb? lagian kur itu program pemerintah, tapi bank pelaksana nya setengah hati. lah bukan duit pemerintah yg dipakai. penjelasan kurang, petugas malas, sampai aplikasi yg di telantarkan. coba aja di cek.. dari 100 aplikasi yg masuk, brapa yg di approve? meski usaha nya layak buat kur, tapi pelaksanan nya ogah2an.. wong bunga kecil, ga sesuai buat cost dan risk nya.

Tharisna Eddy said...

Untuk usaha yang baru akan dibuka apa bisa ya mengajukan KUR ?

gun said...

Sepertinya semuanya harus ada jaminan, kalau agunannya kurang dari yang di inginkan bisa ngak ya?

trims
salam

Tangki Fiberglass

Azarine Yusriyah said...

@ Tharisna. Aturanya hanya usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan, tapi coba saja bilang sudah bejalan selama 6 bulan jika ada bagian survey-nya mudah mudahan di terima

@ Mas Gun, tidak harus pakai agunan kalo jenis mikro, yg penting jangan melebihi 25 juta tapi semuanya tergantung pihak bank mereka berhak meminta agunan walaupu Presiden Jokowi mengatakan Masyarakat tidak perlu bawa jamianan. Sebaiknya bicara baik baik dan ingatkan saja itu bagian marketing KUR bahwa sesuai aturan tidak pakai agunan jika < 25 jt

Fongky 1504 said...

klo dah pinjam 10jt, trus mau ngajuin pinjaman lgi..bisa gk ?
saya ngambil 18 bln,klo baru 12 bln berjln bisa ngajuin lg gk ya??

Azarine Yusriyah said...

Biasanya Boleh saja, klo pembayaran-nya lancar nanti aturan-nya pinjaman yang baru dikurangi untuk melunasi pinjaman lama, sisanya akan diterima sebagi pinjaman yang baru itu

rizal said...

q mau pinjem punya usaha tapi di Jakarta ktp jawa bisa ga niatnya pinjem 20

pundra wahyu said...

Jika domisili dan tempat usaha berbeda, apakah bisa mengajukan KUR ?

Azarine Yusriyah said...

@ Rizal Pundra whayu, Bank BRI ketat klo soal domisili jika kita pinjamnya KUR, klo selain kUR bisa yang pinjaman kupedes itu lho.. tapi harus ada jaminan, Klo KTP di jawa sebaiknya pinjamnya juga di jawa juga walaupun usahanya di jakarta. Klo KUR usaha sebaiknya tidak jauh dari domisili, soalnya nanti akan di survey

mie yamin said...

mau tanya nih klu ngajuin dana kur gunain ktp udah elektrik tpi daerah bisa gak? tolong informasinya om ngunain surat domisili bisa gk

Azarine Yusriyah said...

justru sekarang yang berlaku e-ktp, pastikan mengajukan sesuai alamat ktp. nggunain surat domisli? emangnya nggak tinggal di alamat sesuai ktp?

mie yamin said...

saya usah di jkt tapi ktp saya daerah tapi dah ektp tu bisa gk mbk klu d lengkapi dengan domisili maklu anak rantau

Azarine Yusriyah said...

Sepertinya klo seperti ini harus dibicarakan langsung dengan marketimg KUR mas mieayam, soalnya saya juga belum mencoba. mau jawab kuatir salah..

Suci Minarti said...

klo saya mau ambil pinjaman KUR mikro,jaminan bpkb motor thn2009 bisa gk y?
tpi saya tinggal di rumah kontrakan,namun saya punya usaha angsuran barang yg sudah berjalan 1tahun lebih?
gmana tuh y?

Azarine Yusriyah said...

Bisa silahkan dicoba, klo kontrakan nanti harus ada surat keterangan rt/rw

mie yamin said...

mf Pa pengajuNy setiap cBang bri bisa d jkT bisa? mksh

Azarine Yusriyah said...

Kalau perantau & ngontrak dekat dengan domisili mas, soalnya nanti minta surat keterangan Rt/Rw setempat, ini sama dengan rt/rw setempat menjamain bahwa ini warga disini

mie yamin said...

makah atas infonya

Pokemongo Leo said...

Apakah memang di potong 1 angsuran.
Karena ibu sy da akad kredit 15jt, tp sy cek d atm kok berkurang 690rb, atau kah biaya adm nya, tp kok tdk ada penjelasan atau pemberitahuan sebelumnya.
Dan ibu sy pun tdk tanya.
Trims.

Azarine Yusriyah said...

Memang betul saudara Pokemon Leo, bukan hanya BRI bank lain juga begitu. dipotong 1 kali angsuran, ini bermanfaat juga jika sewaktu waktu setoran kita kurang bisa untuk menutupi kekurangan itu. Misalanya angsuranya 600rb sedangkan kita hanya punya 500rb, nah kekuranganya ini diambil dari saldo yang ada.

joy andi said...

asslmlkm,mau tanya nih,,saya ada usaha,tp tdk ada SIU nya..apa bisa untuk pengajuan KUR BRI..thanks

Azarine Yusriyah said...

Klo nggak ada SIUP nanti bisa diganti dokumen lain-nya bang joy, sesuai intruksi pihak bank. Kalau jenis usaha anda skala besar harus ada.

GeHaGe SEMM said...

Hutang memakai bunga HARAM Hukumnya dalam agama islam,duitnya dipakai buat usaha gak akan berkah,karena modal yang dijadikan usaha adalah duit HARAM.tunggu azab Tuhan.Dosa memakan Duit Bunga/RIBA lebih besar dari berzinah dengan ibu/Ayah sendiri

Azarine Yusriyah said...

@GehaGe SEMM. Trus mau gimana lagi, walaupun bank syariah juga induknya Bank Indonesia sistemya konvensional. Kalau begitu jangan menabung dan berhubungan dengan bank saja Insyallah aman..

aan sukmana said...

saya baru mau buka usaha dan butuh modal apakah KUR bisa membantu untuk UKM yg baru mau buka... terima kasih

Azarine Yusriyah said...

@ a'an. Bisa Syaratnya minimal lama usaha 6 bulan, silahkan ajukan BRI /BNI terdekat sesuai alamat domisili.. tanks sudah singgah

Debby Cell said...

permisi
mau tanya saya kan usaha
saya mau minjem modal ke bank BRI bisa di bantu tidak
usaha saya konter handphone dan pulsa sama service hp
mohon info dan bantuannya bpk/ibu
alamat saya di lubang buaya gang gorda
deket toko saya juga ada Bank BRI

Azarine Yusriyah said...

@ Debby cell, bisa mengajukan sendiri secara langsung mas, dulu saya juga counter pulsa all operator minimal usaha 6 bulan sudah bisa mengajukan. Silahkan datangi kantor BRI terdekat, temui bagian marketing KUR silahakan ngobrol dulu disana, nanti akan diberikan persyaratan, usaha kita kan skala kecil tidak perlu ada SIUP nanti akan dikasih solusinya

Sudi Budoyo said...

Sy mau referensikan untuk saudara sy nih. Suami istri punya usaha masing masing. Kl suaminya sudah punya kredit modal kerja di bank lain. Apakah istrinya bs mengajukan KUR BRI? Tks infonya

Azarine Yusriyah said...

Bisa mas sudi budoyo, soalnya nanti buku rekening-kan beda dan nanti akan dilihat jenis usaha dan prospek kedepan-nya

dede ivo3l said...

Saya mau pinjam dana KUR buat modal buka usaha , apakah bisa mba ? Sy hanya karyawan mau cb usaha sampingan

Azarine Yusriyah said...

Syaratnya buka usaha dulu mas, minimal umur usahanya 6 bulan. Soalnya nanti akan disurvey dulu seperti apa usahanya untuk memastikan kita serius menjalankan usaha itu

ahmad fauzan said...

Assalamualaikum , Saya ada keinginan untuk mengajukan pinjaman sebesar 50 juta ,dan ingin membuat usaha loundry kiloan ,dan saya masih bekerja di kantor , jika dapat pinjaman saya akan membuka usaha jasa loundry kiloan saya. kira2 apakah bisa pengajuannya ?mohon info nya ya pak.tks

Azarine Yusriyah said...

Maaf mas ahmad fausan, kalau KUR ini hanya diperuntukan bagi yang sudah menjalankan usaha dan ingin mengembangkan usahanya. Kalau sekedar pinjam secara langsung nanti masuknya kredit serba guna, silhakan kunjungi BRI terdekat dan tanyakan ttg kredit serba guna

Fadilah Lisnur said...

saya sudah limA HARI belom ada pihak bank yg menyurvei....

Trï Iñdrîæñtö said...

Ane koq blm disurvey ya...mo yg survey cantik n msh single.

martha trifena said...

Mau tny. Pengajuan kur bri hrs ada ijin usaha dan tmpt usaha ato tidak. Sy bth tmbh modal utk usaha sy. Sy buat kue dan dititipkan ke warung,jg trima pesanan. Apa bisa ya???

uphe said...

kalau baru mau mulai usaha bisa pinjam gak??
tapi saya punya jaminan sertifikat rimah??

abbas setiyawan said...

Selamat pagi, mau pinjam dana kur apa harus ada jaminan.seperti bpkb mungkin?atau yg lain nya

Mohammad Ylman Danabrata said...

Kalo jaminan bpkb motor minimal thn brp yaa?? Thanks

Azarine Yusriyah said...

Maaf baru balas,
@ Martha, Pinjaman KUR Mikro untuk skala keci jika tidak ada ijin usaha bisa bikin surat keterangan RT/RW
@ Uphe, kalau ada jaminan bisa diatur dari pengalaman pribadi bisa diatur itu yg penting sudah kelihatan buka usaha
@ Abbas, jika jumlah pinjaman kurang dari 25 juta menurut aturan pemerintah tidak ada jaminan, tapi tiap bank berbeda tergantung kebijaksanaan pimpinan-nya, yg penting sudah menjalankan usaha minimal 6 bulan, nanti masuknya KUR mikro.
@ Muhammad, Untuk Bpkb tergantung tahun pembelian utuk lebih spesifiknya kurang tau mas silshkan hub bagian marketing akur

Suhaya 78 said...

Saya udah melakkukan pelunasan angsuran pijaman KUR dan saya mengajukan lagi tpi sampai saat ini belum di survey juga kenapa ya..pengajuan pinjaman tanggal 4 november..terus klo mau chek status pengajuan pinjaman saya bisa online gak atau gimana?

team bols said...

Permisi!! Mo tnx klo misalnx mo pinjam modal tapi g' ad usaha,contohnx: saya krja dngan pnghasilan per bln 1,6jt dan saya pinjam modal dngan maksud untuk buka usaha apakah pihak kur akan meminjamkan modal?? Trimah kasih.

Azarine Yusriyah said...

@ Suhaya 78, kok bisa begitu ya, biasanya setelah melunasi sisa hutang lalu memperpanjang lagi akan langsung cair, jadi tidak disurvey lagi. Coba tanyakan lagi bagian marketing kur

Azarine Yusriyah said...

@Team bols, Kalu KUR harus buka usaha dulu mas, minimal 6 bulan baru boleh pinjam KUR

Tumar aries said...

maaf mau nanya saya punya usaha kreditan barang. uda ad satu tahun lebih malah. apakah bisa mengajukan pinjaman kur

Azarine Yusriyah said...

@ Tumar Aris, kreditan barang-kan bukan dari bank. Jadi boleh boleh saja...

fergie yudhistira said...

permisi mau tanya pak apa bisa mengajukan kur saya punya usaha sewa alat-alat catering seperti piring,sendok,gelas dll tp masalahnya usaha saya tidak ada surat ijin usahanya pak tp bisa di buktikan dengan survei..apa bisa mengajukan kur..pak..
makasih

Azarine Yusriyah said...

Bisa saja mas, asalkan memang usahanya sudah berjalan minimal 6 bulan, soal surat ijin usaha itu jika tidak ada bisa dibuatkan surat peryataan dari RT/RW setempat. Atau Nanti bisa dibicarakan dengan bagian marketing KUR bagaimana sebaiknya. jika ada penolakan dari BRI bisa coba di BNI