KARTU KREDIT, KELEBIHAN DAN KEKURANGANYA

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Kartu Kredit  

Dijaman yang semuanya serba instan ini dalam hal memilih kartu kredit kita juga harus jeli dan teliti, semua kartu kredit pada bank punya kelebihan dan kekurangan masing masing. Dibawah ini saya akan jelaskan kelebihan dan kekurangan/kelemahan menggunakan kartu kredit pada umumnya yang mungkin bisa membantu anda. Hal yang pertama anda pikirkan untuk apa anda mempunyai kartu kredit, kalau hanya untuk gengsi supaya kelihatan modern dan keren lebih baik tidak perlu. Tetapi kalau untuk keperluan bisnis supaya mudah anda bertransaksi dimana saja termasuk di luar negeri dan kapan saja, silakan saja untuk memilikinya bahkan itu di anjurkan.


Fungsi Atau Kelebihan Kartu Kredit

1. Bisa untuk membayar tagihan bulanan
Anda tidak perlu repot repot ke kantor pos atau pembayaran online PPOB, cukup mendaftarkan pada kartu kredit apa yang anda bayar seperti tagihan telepon, tagihan listrik, tagiahan PDAM, internet bulanan, asuransi dan lain lain. Dengan demikian waktu anda lebih efektif dan terhindar dari kelalaian atau lupa karena sudah otomatis terpotang dari saldo anda, karena jika lupa membayar anda akan terkena denda.

2. Aman dari tindakan kejahatan*
Sekarang ini lagi maraknya begal atau penodongan serta perampok jika anda membawa kartu kredit denagan lengkapi PIN di saat bepergian akan aman karena tidak terlihat membawa uang, kalaupun di curi anda tinggal memblokir saja

3. Lebih mudah mengelola keuangan
Biasanya kita malas kalau bikin rincian dalam bentuk tulisan setiap bulanya, dengan kartu kredit anda tiggal lihat pada lembar tagihan, dengan kartu kredit ini juga anda bisa lihat history yang tersimpan rapi di email anda.

4. Boleh belanja dahulu bayarnya nanti saja
Anda bisa  belanja dahulu sengan sistim pembayaran mundur asalkan seluruh tagihan anda dibayar tepat waktu dan secara penuh, maka tenang saja anda tidak akan dikenakan bunga, karena dalam penggunaannya setiap transaksi kartu kredit akan dibayarkan pada billing selanjutnya. Jika transaksi dilakukan pada masa-masa yang dekat dengan waktu cetak biling, maka jeda waktu bayar akan menjadi lebih lama lagi

5. Jika ada diskon anda akan lebih hemat
Untuk kartu kredit tertentu biasnya ada diskon untuk makan di restoran, manginap di hotel, ataupun belanja barang.

6. Berjaga jaga jika ada kebutuhan mendadak
Misalnya pada waktu tertentu tiba-tiba memiliki kebutuhan mendadak yang tidak dipersiapkan sebelumnya. kartu kredit bisa Anda gunakan untuk menalangi kebutuhan tersebut untuk sementara. Jeda waktu pembayaran yang tidak langsug dapat menjadi waktu untuk memikirkan kembali cara untuk mengatasi kebutuhan mendadak tersebut. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa merubahnya menjadi cicilan yang meringankan

7. Bisa untuk memferifikasi Paypal
Misalnya anda pebisnis online, dan mensyaratkan pembayaran melalui paypal di atas $100 sedangkan sedangkan kita tahu untuk paypal yang belum terferifikasi akan dibatasi pada nominal itu, dan juga paypal yang belum terferifikasi uang pada saldo paypal tidak dapat di tarik melalui bank lokal, nah dengan kartu kredit yang anda punya bisa untuk memferifikasi

Kelemahan/Kekurangan Kartu Kredit

1. Beban Bunga Yang Berbunga
Setiap ada tagihan yang tidak dibayarkan secara penuh akan dikenakan bunga yang cukup tinggi. Parahnya lagi bunga tersebut akan turut ditagihkan pada tagihan berikutnya. Jika tidak dibayarkan secara penuh kembali, maka bunga tersebut akan dibungakan kembali beserta sisa tagihan lainnya. Apabila hal ini terjadi terus-menerus, tagihan kartu kredit Anda tak akan pernah lunas karena beban bunga-berbunga yang semakin naik setiap bulannya, akibatnya bikin pusing anda sendiri.

2. Bikin boros belanja
Karena banyak sekali penawaran discont atau promo, akhirya anda terdorong untuk belanja sesuatu yang tidak penting. Niat hati ingin memanfaatkan discont akhirnya anda gelap mata semuanya di beli mumpung ada promo katanya. Dan juga sebenarnya dengan kredit limit yang diberikan oleh bank kartu kredit itu dana yang tidak nyata.

3. Rawan di bobol oleh penjual yang tak jujur
Bila kebetulan penjual itu licik dia bisa menggesek slip kredit lebih dari 1 kali sebelum pepegang kartu kredit menanda tanganinya. Dia akan menagih ke bank yang bersangkutan untuk transaksi lain dengan menggunakan slip yang kedua tadi dengan mencantumkan tanda tangan kita yang dipalsukan seperti pada slip yang pertama.

4. Biaya admistrasi dan bunga terlalu tinggi
Ini berlaku jika kita melakukan penarikan tunai di mesin ATM, dan Nilai pertukaran uang ditentukan oleh bank penerbit kartu kredit itu sendiri, sehingga terkadang pihak bank seenaknya memberi rata rata nilai pertukaran uang harian.

5. Pembayaran pertahun yang cukup mahal
Ini termasuk pembayaran tambahan untuk pengambilan uang di luar negeri, termasuk transaksi internet pada website yang berada di luar negeri. Ngomong ngomong soal transaksi melalui internet menggunakan kartu kredit juga rawan tertipu jika kita membeli barang orang yang menjual barang akan menerima pembayaran dari bank yang bersangkutan, tetapi ia tidak mengirimkan barang yang kita beli.

6. Jenis kartu kredit magnetic stripe tidak aman
Indonesia menerapkan dua sistem pada transaksi kartu kredit, yaitu magnetic stripe dan chip. Penggunaan chip bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan kartu kredit. Sedangkan transaksi kartu kredit dengan magnetic stripe sebenarnya sudah dilarang. Jadi akan lebih baik kalau dibuat pengamanan tambahan dengan micro chip seperti yang dipakai di Eropa.

Harapan saya setelah anda membaca kelebihan dan kekurangan/kelemahan menggunakan kartu kredit akan terbuka wawasanya sehingga anda jika sudah mantap dan bertekat menggunakan kartu kredit sudah tau akibatnya sehigga Jangan sampai berurusan dengan debt collector yang sering dipakai oleh pihak Bank di Indonesia untuk menagih hutang. Bisa jadi perabotan rumah tangga pun akan dibawa pada saat penagihan.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di KEUNTUNGAN MENABUNG

Just someone who proud to be called as Blogger , Likes to share what he knew. Silahkan Tinggalkan komentar anda untuk Artikel di Atas, No SARA, NO PROMOTION OF LOAN.

No comments: